Kutsiyah, Kutsiyah (2021) Implementasi Metode Wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di RA Nurul Hikmah Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. SAMPU KUTSIYAH.pdf Download (84kB) |
|
Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN KUTSIYAH.pdf Download (43kB) |
|
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN KUTSIYAH.pdf Download (3MB) |
|
Text
4. ABSTRAK.- kutsiyahdocx.docx Download (14kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR KUTSIYAH.pdf Download (32kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI KUTSIYAH.pdf Download (25kB) |
|
Text
7. BAB I KUTSIYAH .pdf Download (82kB) |
|
Text
8. BAB II KUTSIYAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
9. BAB III KUTSIYAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
|
Text
10. BAB IV KUTSIYAH.pdf Download (195kB) |
|
Text
11. BAB V KUTSIYAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (41kB) |
|
Text
13. KEASLIAN PENULISAN KUTSIYAH .pdf Download (3MB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP KUTSIYAH.pdf Download (429kB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi Metode Wafa, Al-Qur’an, Anak Usia Dini Al-Qur’an Al-Karim adalah asas pengajaran, karena mencakup ajaran-ajaran Islam yang menata kehidupan kaum muslimin dalam seluruh masalah agama dan dunia. Sejarah Islam mencatat dan memaparkan model pendidikan yang berbasis pada peradaban Islam. Diawali dengan pendidikan anak yang diajarkan untuk belajar membaca dan menulis. Selanjutnya diajarkan memahami ajaran Islam secara bertahap. Sumber dari pembelajaran tersebut atau kurikulum yang diberlakukan adalah wahyu yaitu Alquran.ketertiban. Kajian pokok yang tersaji dalam penelitian ini adalah implementasi metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an pada anak usia dini , manfaat implementasi metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an pada anak usia dini serta keunikan dari metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui non keikutan serta, ketekunan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, dalam Implementasi metode wafa ini di mulai dengan mengkondisikan siswa terlebih dahulu sebelum memulai mengaji, implementasi ini menggunakan system TANDUR dalam pembelajaran, di mana tahap pertama guru menanyakan kabar kepada muridnya, yang kemudian di lanjut dengan pertanyaan alat peraga misalnya, sampai di mana halaman klasikal yang kemaren. Selanjutnya guru memperagakan secara langsung bunyi atau lafadz huruf yang tertera di alat peraga, dan kegiatan klasikan di mulai secara bergantian dengan system baca simak. Klasikal di ulang-ulang sampai murid benar-benar paham. Guru harus membaca klasikal dengan semangat agar bisa menumbuhkan gairah anak dalam mengaji. Kedua, manfaat alam metode wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an pada anak usia dini, yaitu anak dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, anak lebih mudah dalam membaca Al-Qur’an serta menyenangkan dan tidak monoton. Ketiga, keunikan dalam Pembelajaran Al-Qur’an dengan metode wafa yaitu, mengaji dengan menggunakan lagu, jilid di sertai dengan gambar yang menarik, serta belajar mengaji sambil mendengarkan cerita nabi atau kisah teladan yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71K ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 01:50 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 01:50 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1782 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |