Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Nashaih al’Ibad Karya Syaikh Nawawi Al-Bantani Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter di Indonesia

Yusliadi, Yusliadi (2021) Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Nashaih al’Ibad Karya Syaikh Nawawi Al-Bantani Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter di Indonesia. Masters thesis, IAIN Madura.

[img] Text
Cover Tesis - Moh Yusliyadi.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian - Moh Yusliyadi.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Pengesahan Pembimbing - Moh Yusliyadi.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Pengesahan Penguji - Moh Yusliyadi.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Abstrak - Moh Yusliyadi.pdf

Download (527kB)
[img] Text
Daftar Isi - Moh Yusliyadi.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB 1 - Moh Yusliyadi.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB 2 - Moh Yusliyadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB 3 - Moh Yusliyadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB 4 - Moh Yusliyadi.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB 5 - Moh Yusliyadi.pdf

Download (847kB)
[img] Text
BAB 6 - Moh Yusliyadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Moh Yusliyadi.pdf

Download (299kB)

Abstract

ABSTRAKS Yusliyadi, 2021, Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Nashaih al’Ibad Karya Syaikh Nawawi Al-Bantani Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter di Indonesia. Tesis, Program Magester Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Madura, Pembimbing : Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag. dan Dr. Edi Susanto, S.Ag, M.Fil.I. Kata Kunci : Nashaih al-’Ibad, pendidikan akhlak, pendidikan karakter. Dilatar belakangi dengan merosotnya pendidikan akhlak pada remaja atau peserta didik di lingkungan pendidikan dan masyarakat memunculkan berbagai permasalahan kepada yang bersangkutan diantaranya hingga menyebabkan dekadensi moral. Karenanya, perlu kajian mengenai pendidikan akhlak yang diharapkan mampu memberikan dampak positif dan solutif bagi pendidikan di Indonesia. Selain itu, dalam penelitian ini juga akan dikaji relevansinya dengan pendidikan karakter sebagai identitas bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak pada kitab Nashaih al-’Ibad karya Syaikh Nawawi Al-Bantani. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah : (1) Apa sajakah nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Nashaih al-’Ibad Karya Syaikh Nawawi Al-Bantani? (2) Bagaimana kesesuaian nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Nashaih al’Ibad Karya Syaikh Nawawi Al-Bantani dengan Pendidikan Karakter di Indonesia? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primernya adalah kitab Nashaih al’Ibad, sedangkan sumber data sekundernya diambil dari berbagai buku, jurnal, tesis, artikel dan lain macam sebagainya yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Adapun teknis analisis data menggunakan metode deskriptif analitis dan content analysis. Temuan penelitian ini, menunjukkan bahwa kitab Nashaih al-’Ibad masih relevan samapai saat ini dengan pendidikan karakter di Indonesia. Nilainilai pendidikan akhlak yang terkandung didalamnya antara lain : 1. beriman kepada Allah SWT., 2. Takwa, 3. zikrullah, 4. taat kepada Allah, 5. sabar, 6. tawadhu’ (rendah hati), 7. menuntut ilmu, 8. zuhud (sederhana), 9. menjaga lisan, 10. tidak merendahkan orang lain, 11. membuat manfaat pada orang lain, 12. bersikap lemah lembut pada orang lain, dan 13. saling memaafkan antar sesama. Nilai-nilai pendidkan akhlak tersebut akan sangat membantu didalam mewujudkan tujuan pendidikan karakter di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan hasil penelitian ini bisa memperkaya khazanah keilmuan dan menjadi terobosan ilmiah yang konstruktif bagi segenap praktisi pendidikan dalam rangka menciptakan satu pola pendidikan yang mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak dan karakter untuk menjawab tantangan dan perkembangan zaman serta menjadi solusi bagi lembaga pendidikan yang mengalami kemerosotan dalam bidang akhlak dan moral. ABSTRACT Yusliyadi, 2021, Analysis of Moral Education Values in the Book of Nashaih al'Ibad by Shaykh Muhammad Nawawi Al-Bantani and its relevance to character education in Indonesia. Thesis, Master Program of Islamic Religious Education Postgraduate IAIN Madura, Supervisor : Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag. and Dr. Edi Susanto, S.Ag, M.Fil.I. Keywords : Nashaih al-'Ibad, moral education, character education. Against the background of the decline in moral education for adolescents or students in the educational environment and society, it raises various problems for those concerned, including causing moral decadence. Therefore, it is necessary to study moral education which is expected to have a positive and solution impact on education in Indonesia. In addition, this study will also examine its relevance to character education as the identity of the Indonesian nation. This study aims to determine the values of moral education in the book of Nashaih al-'Ibad by Shaykh Nawawi Al-Bantani. The questions to be answered through this research are: (1) What are the values of moral education in the book of Nashaih al-'Ibad by Shaykh Nawawi Al-Bantani? (2) How do the values of moral education in the book Nashaih al-'Ibad by Shaykh Nawawi Al-Bantani match with Character Education in Indonesia? The research method used in this research is library research. The primary data source is the book of Nashaih al-'Ibad, while the secondary data sources are taken from various books, journals, theses, articles and so on that are relevant and relevant to the research. The technical data analysis uses descriptive analytical methods and content analysis. The findings of this study indicate that the book of Nashaih al-'Ibad is still relevant today with character education in Indonesia. The values of moral education contained therein include: 1. Faith in Allah SWT., 2. Taqwa, 3. Zikrullah, 4. Obedience to Allah, 5. Patience, 6. Humility, 7. Studying , 8. zuhud (simple), 9. keeping your mouth, 10. not demeaning others, 11. making benefits to others, 12. being gentle with others, and 13. forgiving one another. The values of moral education will be very helpful in realizing the goals of character education in Indonesia. Thus, it is hoped that the results of this research can enrich scientific treasures and become a constructive scientific breakthrough for all educational practitioners in order to create an educational pattern that contains the values of moral and character education to answer the challenges and developments of the times and become a solution for educational institutions that are experiencing problems. decline in morals and morals.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? m_014 ??
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr rony hari
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:07
Last Modified: 28 Oct 2021 04:07
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1803

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item