Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Introvert di SMP Negeri 1 Jrengik

Holifah, Holifah (2020) Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Introvert di SMP Negeri 1 Jrengik. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1 sampul-holifah 20160701090055.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN-HOLIFAH 20160701090055.pdf

Download (113kB)
[img] Text
3 HALAMAN PENGESAHAN-HOLIFAH 20160701090055.pdf

Download (146kB)
[img] Text
4 ABSTRAK-HOLIFAH 20160701090055.pdf

Download (9kB)
[img] Text
7 BAB I-HOLIFAH 20160701090055.pdf

Download (495kB)
[img] Text
8 BAB II-HOLIFAH 20160701090055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
9 BAB III-HOLIFAH 20160701090055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
10 BAB IV-HOLIFAH 20160701090055.pdf

Download (504kB)
[img] Text
11 BAB V-HOLIFAH 20160701090055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
12 DAFTAR RUJUKAN-HOLIFAH 20160701090055.pdf

Download (296kB)
[img] Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN-HOLIFAH 20160701090055.pdf

Download (135kB)

Abstract

Kepribadian adalah pola sifat atau karakteristik tertentu, yang relatif permanen dan memberikan, baik konsistensi maupun individualitas pada perilaku seseorang. Dalam ilmu psikoligi ada dua keperibadian sikap yaitu intovert dan ekstrovert. Introvert pada intinya adalah kepribadian dasar yang lebih berorientasi kedalam diri sendiri. Dalam bimbingan konseling tidak terlepas dengan layanan konseling yang diberikan kepada anak introvert untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ada pada diri siswa intovert. Berdasarkan hal tersebut ada 3 fokus penelitian yang menjadi pokok penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana perilaku introvert siswa di smp negeri 1 jrengik. Kedua, layanan apa saja yang di berikan guru bimbingan konseling dalam mengatasi siswa introvert siswa di smp negeri 1 jrengik. Ketiga, Bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi siswa introvert di smp negeri 1 jrengik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi, dokumentasi, kemudian data tersebut di analisis dengan analisis data melalui reduksi data meliputi checking (pengecekan), editing data (pengeditan data), display data (penyajian data), penarikan kesimpulan (ferivication). kemudian seluruh data di cek keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan juga triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Perilaku introvert siswa di SMP Negeri 1 Jrengik adalah seseorang yang cenderung pendiam, pasif, tidak terlalu bersosialisasi, hati-hati, tertutup, penuh perhatian, pesimistis, tidak bergaul, dan lebih suka menyendiri. Kedua Layanan yang di berikan guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi siswa introvert yaitu bimbingan kelompok yang diberikan kepada sekelompok siswa untuk memecahkan secara bersama masalahmasalah yang menghambat perkembangan siswa, dan layanan konseling individual yang diberikan oleh konselor kepada seorang siswa dengan tujuan berkembangnya potensi siswa, mampu mengatasi masalah sendiri, dan dapat menyesuaikan diri secara positif. Ketiga Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa introvert yaitu menjalankan tanggung jawab sebagai seorang guru BK yang profesional, terampil dan membimbing dengan penuh ketulususan, memberikan arahan-arahan positif yang bisa membangun kepribadian yang netral sehingga dapat memajukan generasi SMP Negeri 1 Jrengik agar lebih berkompetensi dan menggali dibidang apa yang peserta didik mampu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_002 ??
?? m_133 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Lulu Rif Atin
Date Deposited: 14 Aug 2020 06:54
Last Modified: 14 Aug 2020 06:54
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/200

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item