Strategi Guru Pembimbing Khusus dalam Meningkatkan Motivasi Berlajar pada Anak berkebutuhan Khusus di SLB PGRI Pademawu

Sholihah, Imroatus (2021) Strategi Guru Pembimbing Khusus dalam Meningkatkan Motivasi Berlajar pada Anak berkebutuhan Khusus di SLB PGRI Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Imroatus Sholihah_18381092054_Cover_BKPI.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Imroatus Sholihah_18381092054_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Imroatus Sholihah_18381092054_Lembar_Pengesahan_BKPI.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Imroatus Sholihah_18381092054_Abstrak_BKPI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Imroatus Sholihah_ 18381092054_ Daftar_Isi_ BKPI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Imroatus Sholihah_18381092054_BAB I_BKPI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Imroatus Sholihah_ 1838109254_ BAB II_ BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
Imroatus Sholihah_18381092054_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
Imroatus Sholihah_ 18381092054_ BAB IV_ BKPI.pdf

Download (705kB)
[img] Text
Imroatus Sholihah_18381092054_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
Imroatus Sholihah_ 18381092054_ Daftar_Pustaka_ BKPI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Imroatus Sholihah_18381092054_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_BKPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Guru Pembimbing Khusus, Anak Berkebutuhan Khusus, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi anak berkebutuhan khusus (ABK) yang terdapat di SLB PGRI Pademawu yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan juga memiliki tingkat motivasi yang cukup baik dalam berbagai bidang pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru pembimbing dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI Pademawu. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga fokus penelitian yang menjadi acuan kajian penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana gambaran motivasi belajar anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI Pademawu?, Kedua, Bagaimana strategi guru pembimbing khusus dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI Pademawu?, Ketiga, Apa saja faktor penghambat dan pendukung guru pembimbing khusus dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI Pademawu?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian dalam proses pengecekan keabsahan data hasil penelitian melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dalam proses pengamatan, dan yang terakhir melalui triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, gambaran motivasi belajar anak berkebutuhan khusus yaitu mengalami Fluktuatif tergantung dengan faktor yang mempengaruhinya, tergantung dari orang tua dan juga tergantung dari mana guru itu membuat bahan pembelajaran yang menarik. Hasil jurnal pembelajaran menunjukkan bahwa anak berkebutuhan khusus tersebut mampu memahami dan menagkap materi yang diberikan oleh guru, sehingga dapat dikatakan anak berkebutuhan khusus termotivasi dan memiliki semangat belajar. Kedua, Strategi guru pembimbing khusus yakni tidak selalu fokus pada materi, namun guru pembimbing khusus menerapkan strategi belajar gembira dan teknik terapis, dimana dalam proses pembelajarannya diselengi dengan permainan, supaya siswa tidak mudah bosan dan tetap bersemangat dalam belajar. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat guru pembimbing khusus dalam meningkatkan motivasi belajar yakni faktor pendukung dari fasilitas yang memadai, dukungan dan kerjasama dari Kepala sekolah, dan antar guru. Faktor penghambat yaitu kurangnya kerjasama antar siswa, guru dengan wali murid dan kurangnya antusias siswa yang ditandai dengan siswa bersenda gurau dengan teman yang lainnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m_071 ??
?? m_133 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:09
Last Modified: 07 Jan 2022 02:09
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2102

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item