Pelaksanaan Pemberian Reward Dan Punishment Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 di SDN Kolpajung II Pamekasan

Pranata, Aldi (2021) Pelaksanaan Pemberian Reward Dan Punishment Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 di SDN Kolpajung II Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. Aldi Pranata-20170701051006-Sampul-PGMI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
c. Aldi Pranata-20170701051006-Halaman Persetujuan-PGMI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
d. Aldi Pranata-20170701051006-Halaman Pengesahan-PGMI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
e. Aldi Pranata-20170701051006-Abstrak-PGMI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
f. Aldi Pranata-20170701051006-Daftar Isi-PGMI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
g. Aldi Pranata-20170701051006-BAB I-PGMI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
h. Aldi Pranata-20170701051006-BAB II-PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
i. Aldi Pranata-20170701051006-BAB III-PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
j. Aldi Pranata-20170701051006-BAB IV-PGMI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
k. Aldi Pranata-20170701051006-BAB V-PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
l. Aldi Pranata-20170701051006-Daftar Pustaka-PGMI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
b. Aldi Pranata-20170701051006-Pernyataan Keaslian Tulisan-PGMI.pdf

Download (33kB)

Abstract

Kata Kunci : Reward, Punishment, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia Dalam tercapainya tujuan sekolah yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Maka salah satunya dapat dilihat dari keberhasilan peserta didik selama menempuh pendidikan, hal itu dapat dilihat dari hasil belajarnya yang identik dengan nilai atau predikat. Tujuan dalam penelitian ini ialah pertama, Untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pelaksanaan pemberian reward dan punishment pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 2 di SDN Kolpajung II Pamekasan. kedua, Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dalam pelaksanaan pemberian reward dan punishment pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 2 di SDN Kolpajung II Pamekasan. ketiga, untuk mengetahui dan mendeskripsikankendala dan solusi dalam pelaksanaan pemberian reward dan punishment pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 2 di SDN Kolpajung II Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subyek yang dijadikan kasus dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SDN Kolpajung II, guru, wali kelas/guru bahasa Indonesia kelas 2, dan siswa. Proses pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data/display data, dan verifikasi penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data terdiri d ari ketekunan pengamatan, triangulasi data. Tahap-tahap penelitian terdiri dari tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan tahap analisa data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan Pemberian Reward dan Punishment Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 Di SDN Kolpajung II Pamekasan sudah menerapkannya dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan reward dan punishment. Reward yang digunakan oleh guru di SDN Kolpajung 2 Pamekasan adalah verbal dan non verbal. Guru guru SDN Kolpajung 2 Pamekasan sangat terampil menggunakan berbagai macam reward seperti guru memberikan pujian atau kata kata seperti “bagus” (verbal), bukan hanya bentuk verbal saja yang digunakan, bentuk non verbalpun guru menerapkan dengan baik seperti halnya pemberian hadiah permen, memberikan senyuman, memberikan jempol, memberikan tepuk tangan ketika anak anak aktif didalam sebuah pembelajaran. Kedua, Faktor pendukung dalam pelaksanaan pemberian reward dan punishment yaitu a) adanya dukungan kepala sekolah, b) metode yang dipilih menyenangkan bagi guru dan siswa, c) dorongan seorang guru untuk memotivasi siswa mencapai prestasi dan membentuk peserta didik lebih berkarakter, d) sarana dan prasarana yang memadai, dan e) dukungan orang tua. Ketiga, Kendala dalam pelaksanaan pemberian reward dan punishment yaitu a) lingkungan, b) kurangnya motivasi dari siswa, dan kurangnya komunikasi dan kerjasama dengan orang tua siswa. Upaya untuk mengatasinya kepala sekolah mengadakan sosialisasi, workshop, pembuatan jurnal, dan sebagainya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_020 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:12
Last Modified: 07 Jan 2022 02:12
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2104

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item