Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Pengembangan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan

Rohmah, Sitti (2021) Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Pengembangan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Sitti Rohmah_20170701052067_Cover_PGMI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Sitti_Rohmah_20170701052067_Lembar_Persetujuan_Skripsi_PGMI.pdf

Download (795kB)
[img] Text
Sitti Rohmah_20170701052067_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sitti Rohmah_20170701052067_Abstrak_PGMI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Sitti Rohmah_20170701052067_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Sitti Rohmah_20170701052067_BAB I_PGMI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Sitti Rohmah_20170701052067_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
Sitti Rohmah_20170701052067_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
Sitti Rohmah_20170701052067_BAB IV_PGMI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Sitti Rohmah_20170701052067_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
Sitti Rohmah_20170701052067_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Sitti Rohmah_20170701052067_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PGMI.pdf

Download (63kB)

Abstract

Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Minat Belajar, IPA Didalam kegiatan belajar mengajar membutuhkan seorang pendidik yang dituntut harus memiliki keterampilan mengelola kelas dengan baik supaya dapat menambah ketertarikan/minat belajar dari diri siswa. Minat sendiri memegang peranan yang sangat penting supaya menimbulkan ketertarikan terhadap objek yang dipelajari khususnya pada pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil observasi pada kelas IV di SDI Matsaratul Huda maka didapat sebuah informasi bahwasanya ketika proses pembelajaran berlangsung ditemukan gejala-gejala seperti suasana di kelas masih ramai atau kurang kondusif, siswa kurang memperhatikan guru ketika pembelajaran masih berbicara sendiri, dan nilai hasil belajarnya masih kurang memuaskan. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua pokok permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, adakah pengaruh pengelolaan kelas terhadap pengembangan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV di SDI Matsaratul Huda; kedua, seberapa besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap pengembangan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV di SDI Matsaratul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian korelasi (Correlation Research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, sehingga sampel dalam penelitian ini, yaitu keseluruhan siswa kelas IV di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan yang jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data pengelolaan kelas dan minat belajar siswa dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data seperti foto-foto pada saat melakukan penelitian. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas memberikan pengaruh terhadap pengembangan minat belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan program Statistic Product and Service Solution (SPSS) didapatkan hasil nilai signifikansi kurang dari 0.05, yaitu 0.045 (0.045 < 0.05). Adapun berdasarkan perhitungan korelasi product moment didapat nilai r hitung sebesar 0.453 yaitu jika dibandingkan dengan nilai r tabel yaitu didapat 0.444 maka dinyatakan bahwa (0.453 > 0.444), dimana 0.453 terdapat pada rentang 0.40 – 0.70 yang memiliki interpretasi yang sedang atau cukup antara variabel pengelolaan kelas dengan minat belajar siswa. Maka dari itu, besar pengaruhnya adalah “sedang atau cukup”

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71E ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:33
Last Modified: 13 Apr 2022 03:33
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2120

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item