Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini Kelompok B di RA Miftahus Shudur Dsn. Asemmanis Ds. Larangan Tokol Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan

Aini, Kurrotul (2021) Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini Kelompok B di RA Miftahus Shudur Dsn. Asemmanis Ds. Larangan Tokol Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Kurrotul Aini_20170701062030_SAMPUL_PIAUD.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Kurrotul Aini_20170701062030 _HALAMAN PERSETUJUAN_ PIAUD.pdf

Download (300kB)
[img] Text
Kurrotul Aini_20170701062030_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kurrotul Aini_20170701062030_ABSTRAK_ PIAUD.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Kurrotul Aini_20170701062030_KATA PENGANTAR_PIAUD.pdf

Download (292kB)
[img] Text
Kurrotul Aini_20170701062030_DAFTAR ISI_ PIAUD.pdf

Download (374kB)
[img] Text
Kurrotul Aini_20170701062030_BAB I_PIAUD.pdf

Download (468kB)
[img] Text
Kurrotul Aini_20170701062030_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
Kurrotul Aini_20170701062030_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
Kurrotul Aini_20170701062030_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (540kB)
[img] Text
Kurrotul Aini_20170701062030_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
Kurrotul Aini_20170701062030_DAFTAR PUSTAKA_PIAUD.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Kurrotul Aini_20170701062030_SURAT KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf

Download (78kB)
[img] Text
Kurrotul Aini_20170701062030_RIWAYAT HIDUP_PIAUD.pdf

Download (183kB)

Abstract

Kata Kunci :Upaya Guru, Minat Belajar Pendidikan Pra Sekolah adalah pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir hingga usia 0 sampai 5 tahun yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal. Namun dalam hal ini peneliti melakukan penelitian pada upaya guru dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini, yang mana upaya ini untuk memberikan suatu keinginan bagi anak agar tumbuh dalam dirinya suatu keingintauan. Penelitian ini di fokuskan pada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, Apa saja proses guru dalam upaya meningkatan minat belajar Anak Usia Dini Kelompok B, Mengapa guru sangat penting dalam peningkatan belajar Anak Usia Dini Kelompok B, Apa faktor pendukung dan menghambat anak dalam peningkatan minat belajar Anak Usia Dini Kelompok Bdi RA Miftahus shudur Dsn. Asemmanis Ds. Larangan Tokol Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan. Metode penelitain yang digunakan adalah penelitian kualitatif, lokasi penelitian di RA Miftahus shudur. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi non partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bahwsanya, proses yang dilakukan guru Pertama dengan adanya motivasi berupa dengan sebuah kata-kata ataupun berupa tindakan, jika anak sudah mulai jenuh akan pembelajarannya, maka tugas guru harus selalu memotivasi anak sehingga kemauan anak untuk belajar itu tercipta kembali, kedua menggunakan media pembelajaran yang konkret, yaitu menggunakan media gambar karena pada hakikatnya anak akan memahami apa yang ia lihat. 2) Sangat penting karena itu sebagai tujuan guru mengajar jika anak tidak bisa meningkatkan minat belajar anak maka strategi guru itu gagal karena tak lain tak bukan tujuan dari guru itu sendiri yaitu ingin menjadikan anak yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa. 3) bahwasanyabeberapa faktor yang bisa meningkatkan minat belajar anak yaitu yang pertama suasana belajar yang menyenangkan karena jika suasana kelas menyenangkan maka anak tidak akan mudah bosan dalam melakukan pembelajaran.yang kedua yaitu lingkungan belajar yang mendukung dan menarik untuk anak karena pada dasarnya anak akan senang belajar jika melihat lingkungan yang menarik untuk anak.Sedangkan factor penghambatnya di karenakan a. pertama suara guru yang kurang jelas. b. diri mereka sendiri. c. suasana yang tidak menyenangkan karena dunia anak hanya bermain jika suasana kelas tidak menyenangkan maka anak akan melakukan kegiatan yang menurut mereka menyenangkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71E ??
?? m_131 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:37
Last Modified: 20 Apr 2022 01:37
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2157

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item