Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sampang

Fajaruddin, Achmad (2021) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Achmad Fajaruddin_20170701071003_Cover_TBIN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Achmad Fajaruddin_20170701071003_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Achmad Fajaruddin_20170701071003_Lembar_Pengesahan_TBIN.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Achmad Fajaruddin_20170701071003_Abstrak_TBIN.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Achmad Fajaruddin_20170701071003_Daftar_Isi_TBIN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Achmad Fajaruddin_20170701071003_BAB_I_TBIN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Achmad Fajaruddin_20170701071003_BAB_II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
Achmad Fajaruddin_20170701071003_BAB_III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
Achmad Fajaruddin_20170701071003_BAB_IV_TBIN.pdf

Download (524kB)
[img] Text
Achmad Fajaruddin_20170701071003_BAB_V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
Achmad Fajaruddin_20170701071003_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Achmad Fajaruddin_20170701071003_Pernyataan Keaslian_TBIN.pdf

Download (215kB)

Abstract

Kata Kunci: Mind Mapping, Keterampilan Menulis dan Teks Eksposisi. Pada hakikatnya, mind mapping digunakan untuk membrain storming suatu topik sekaligus menjadi strategi ampuh bagi belajar siswa. Mind mapping bisa digunakan untuk membantu penulisan essai atau tugas-tugas yang berkaitan dengan penguasaan konsep. Mind mapping juga bisa digunakan untuk membentuk, menvisualisasi, mendesain, mencatat, memecahkan masalah, membuat keputusan, merevisi, dan mengklarifikasi topik utama, sehingga siswa bisa mengerjakan tugas�tugas yang banyak sekalipun. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan menulis karangan teks eksposisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Sampang. Secara garis besar dapat dikelompokkan dalam dua faktor yaitu faktor internal dan internal yang berasal dari diri peserta didik dan faktor eksternal dari luar peserta didik. Dalam penelitian ini terdapat dua fokus penelitian, pertama apakah dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan teks eksposisi di kelas X SMA Negeri 3 Sampang. kedua seberapa besar peningkatan kemampuan menulis karangan teks eksposisi menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Desain dan prosedur penelitiannya adalah tahap pendahuluan, tahap pelaksanaan siklus 1 dan tahap pelaksanaan siklus 2. Teknik pengumpulan datanya adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis datanya yaitu dengan teknik analisis data kuantitatif, teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dengan menerapkan metode mind mapping mampu meningkatkan keterampilan menulis karangan teks eksposisi peserta didik pada saat pembelajaran. (2) Penerapan metode mind mapping ini mampu meningkatkan kemapuan keterampilan menulis karangan teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Sampang. Hal ini ditandai dengan hasil nilai mulai dari pra siklus dengan nilai 48,4, siklus I dengan nilai 63,17, siklus II dengan nilai 79,20

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
?? m_072 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:10
Last Modified: 19 Apr 2022 01:10
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2244

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item