Hadi, Subhan (2021) Peran Kepala Sekolah Dalam Mengatasi Konflik Interpersonal Antar Siswa di SMPN 4. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Subhan Hadi_20170701041176_Cover_MPI.pdf Download (24kB) |
|
Text
Subhan Hadi_20170701041176_Persetujuan Pembimbing_MPI.pdf Download (45kB) |
|
Text
Subhan Hadi_20170701041176_Halaman Pengesahan_MPI.pdf Download (60kB) |
|
Text
Subhan Hadi_20170701041176_Abstrak_MPI.pdf Download (34kB) |
|
Text
Subhan Hadi_20170701041176_Kata Pengantar_MPI.pdf Download (206kB) |
|
Text
Subhan Hadi_20170701041176_Daftar Isi_MPI.pdf Download (23kB) |
|
Text
Subhan Hadi_20170701041176_BAB I_MPI.pdf Download (310kB) |
|
Text
Subhan HADI_20170701041176_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
Text
Subhan Hadi_20170701041176_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
|
Text
Subhan Hadi_2017070104117_ BAB IV_MPI.pdf Download (683kB) |
|
Text
Subhan Hadi_20170701041176_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
Subhan Hadi_20170701041176_Daftar Rujukan_MPI.pdf Download (350kB) |
|
Text
Subhan Hadi_20170701041176_Pernyataan Keaslian Penulisa_MPI.pdf Download (59kB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Konflik Interpersonal Antar Siswa Konflik interpersonal adalah konflik yang berkaitan dengan perselisihan antara dua orang atau lebih dan terjadi karena adanya suatu perbedaan invidual ataupun keterbatasan sumber daya dan ketidaksesuaian tindakan antara pihak yang berhubungan. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, apa saja faktor-faktor penyebab konflik interpersonal siswa di SMPN 4 Pamekasan. Kedua, apa saja strategi yang di lakukan dalam mengatasi konflik interpersonal siswa di SMPN4 Pamekasan. Ketiga, bagaimana peran kepala sekolah dalam mengatasi konflik interperonal siswa di SMPN 4 Pamekasan. Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara tidak terstruktur kepada pihak yang bersangkutan, observasi (non partisipan) dan dokumentasi, dengan informan Guru Wali Kelas, Guru BK dan Kepala Sekolah. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dengan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama,faktor terjadinya konflik interpersonal siswa di SMPN 4 disebabakan oleh adanya sebuah perselesihan, adanya sebuah perbedaan pendapat saat bediskusi kelompok, adanya perbedaan prrestasi yang kurang pandai danyang pandai serta adanya perbedaan dari segi ekonomi/latar belakang siswa.Kedua, strategi dalam pengelolaan konfflik interpersonal antar siswa di SMPN 4 dengan tiga strategi, strategi penyelesaian konflik dari guru wali kelas, penanganan dai guru BK, kemudian strategi penyelesaian konflik dari kepala sekolah sebagai solusi terakhir dari penyelesaian konflik yang terjadi pada siswa. Ketiga, peran kepala sekolah dalam pengeloan konflik interpersonal antar siswa di SMPN 4 adalah sebagai manajer yaitu pengelola konflik yang terjadi disekolah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71H ?? ?? m_122 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 00:49 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 00:49 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2269 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |