Badriyah, Alfiyatul (2021) Upaya Guru IPS dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tanya Jawab di Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pagendingan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Alfiyatul Badriyah_20170701082077_Cover_TIPS.pdf Download (34kB) |
|
Text
Alfiyatul Badriyah_20170701082077_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf Download (47kB) |
|
Text
Alfiyatul Badriyah_20170701082077_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf Download (91kB) |
|
Text
Alfiyatul Badriyah_20170701082077_Abstrak_TIPS.pdf Download (11kB) |
|
Text
Alfiyatul Badriyah_20170701082077_Daftar Isi_TIPS.pdf Download (27kB) |
|
Text
Alfiyatul Badriyah_20170701082077_BAB I_TIPS.pdf Download (487kB) |
|
Text
Alfiyatul Badriyah_20170701082077_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
|
Text
Alfiyatul Badriyah_20170701082077_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
Text
Alfiyatul Badriyah_20170701082077_BAB IV_TIPS.pdf Download (487kB) |
|
Text
Alfiyatul Badriyah_20170701082077_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
Alfiyatul Badriyah_ 20170701082077_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf Download (238kB) |
|
Text
Alfiyatul Badriyah_20170701082077_Surat Pernyataan Keaslian_Karya_TIPS.pdf Download (27kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Hasil Belajar, Metode Tanya Jawab Berhasil atau gagalnya hasil belajar itu sangat tergantung pada proses belajar yang dialami siswa, ketika siswa berada di sekolah tentunya dalam proses pembelajaran terdapat kesulitan tersendiri yang dialami oleh para siswa. Oleh karena itu harus ada upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPS yang terkesan membosankan. Hasil belajar merupakan prestasi belajar yang dicapai siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan membawa suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana upaya guru IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode tanya jawab di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pagendingan Pamekasan; (2) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran IPS dalam menggunakan metode tanya jawab di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Pagendingan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, Guru IPS, siswa dan yang bersifat non manusia seperti RPP, dan dokumen-dokumen yang terkait. Untuk analisis data menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjang pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) upaya guru IPS dalam meningkatkan hasil belajar menggunakan metode tanya jawab adalah mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar dengan cara melihat dokumentasi dari hasil belajar siswa misalnya nilai harian, dan juga guru memberikan perhatian khusus pada siswa, serta guru harus sering mengulang-ulang materi yang telah disampaikan untuk menambah pemahaman siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar. (2) faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran IPS dalam menggunakan metode tanya jawab adalah; faktor pendukung: kemampuan guru mengelola pembelajaran, sarana prasarana, media pembelajaran dan motivasi siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: dari siswa itu sendiri yang memiliki kemampuan yang berbeda, kurangnya waktu dalam pembelajaran, siswa yang merasa minder sehingga kurang bisa aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sering terjadi penyimpangan�penyimpangan seperti pembicaraan yang keluar dari materi pokok pembahasan saat berlangsungnya proses tanya jawab
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71G ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 03:01 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 03:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2340 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |