Andawiya, Wiwik (2021) Analisis Penerapan Metode Time Token dalam Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS di MTsN 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Wiwik Andawiyah_20170701082075_cover_TIPS.pdf.pdf Download (53kB) |
|
Text
c) Wiwik Andawiyah_20170701082075_Lembar_persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf.pdf Download (60kB) |
|
Text
d) Wiwik Andawiyah_20170701082075_Lembar_Pengesahan_TIPS.pdf.pdf Download (118kB) |
|
Text
e) Wiwik Andawiyah_20170701082075_Abstrak_TIPS.pdf Download (202kB) |
|
Text
f) Wiwik Andawiyah_20170701082075_daftar isi_TIPS. pdf.pdf Download (35kB) |
|
Text
g) Wiwik Andawiyah_20170701082075_BAB I_TIPS. pdf.pdf Download (136kB) |
|
Text
h) Wiwik Andawiyah_20170701082075_BAB II_TIPS.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
i) Wiwik Andawiyah_20170701082075_BAB III_TIPS.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
j) Wiwik Andawiyah_20170701082075_BAB IV_TIPS.pdf.pdf Download (578kB) |
|
Text
k) Wiwik Andawiyah_20170701082075_BAB V_TIPS.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
|
Text
L) Wiwik Andawiyah_20170701082075_DAFTAR PUSTAKA_TIPS.pdf.pdf Download (91kB) |
|
Text
b) wiwik Andawiyah_20170701082075_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan publikasi_TIPS.pdf.pdf Download (137kB) |
Abstract
Katakunci:TimeToken,KeaktifanSiswa,HasilBelajar Penelitianinidilakukanberdasarkansebuahpermasalahanyang ditemuidisuatu instansipendidikanMTsN3Pamekasan.permasalahanyangdimaksudyakniadanya penerapansuatumetode“AlokasiWaktu”untukmembuatsiswamengkomunikasikan materipelajarandidalam kelasyangdigunakanolehgurudalam pelajaranIPS.Metode tersebutmenurutteoriadalahTimeToken,sebuahmetodepembelajarandenganmodel kooperatifyangdigagasolehArends.Adapuntujuanpenelitianyangdiangkatdalam penelitianadalah;untukmengetahuipenerapanmetodetimetokendalampelajaranIPS diMTsN3Pamekasandanmengetahuiupayapeningkatankeaktifandanhasilbelajar siswadalampelajaranIPSdisekolahtersebut. Pendekatanyangdigunakandalam penelitianiniadalahDeskriptif-kualitatifyang bertujuannya untuk menguraikan fenomena yang ditelitidan temuannya bersifat menggambarkan,menguraikansesuatuyangmenurutapaadanyadanberupakata-kata. Dalam kegiatanpenelitianinidilakukantigaprosedurpengumpulandatadiantaranya; observasi,wawancaradandokumentasi.Sebagaialatpengukuransuatukeabsahan datapenelitimenggunakantekniktriangulasisumber,tekniinidimaksudkanuntuk menafsirkan kesesuaian temuan dariberbagaisumberterlibatsehingga menjadi kesimpulanyangvalid. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa;Pertama,perapanmetodetimetoken dilakukanberdasarkankebutuhanguruterhadapkondisisiswayangaktifpadatigahal, yaitu;Tanyajawablangsung,Diskusikelompok,Dankegiatanmenjelasakanulang pelajaran.Kedua,Upayapeningkatankeaktifandanhasilbelajarsiswadalam pelajaran IPSdilakukandengancarakesinambunganantaraupayaprosesbelajarmengajardan penguasaanataukompetensihasilbelajarsiswa.Upayameningkatkankeaktifansiswa didalamkelas,beberapapokokdiantaranya;Menyajikanmateribarudengansemenarik mungkindantidakmenggunakancarayangterus-menerusmonotonsalahsatunya dengan menyediakan media pembelajaran.Memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkanhasilserapanterhadapmateripelajaran.DanMemberikanapresiasi padasetiaphasilkerjasiswa.BerdasarkantinjauandatahasilpenilaianUKBM,siswa yangterdorongaktifdidalam kelascenderungmendapatkanhasilbelajaryangbagus ataumeningkat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m20B ?? ?? m71E ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 02:19 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 02:19 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2348 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |