Peran Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VII Di MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean Pamekasan

Mr, Harianto (2021) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VII Di MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Harianto_20170701081033_Cover_TIPS.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Harianto_20170701081033_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Harianto_20170701081033_Lembar_Pengesahan_TIPS.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Harianto_20170701081033_Abstrak_TIPS.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Harianto_20170701081033_Daftar_ Isi_TIPS.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Harianto_20170701081033_BAB I_TIPS.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Harianto_20170701081033_ BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
Harianto_20170701081033_ BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
Harianto_20170701081033_BAB IV_TIPS.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Harianto_20170701081033_ BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Harianto_20170701081033_Daftar Rujukan_TIPS.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Harianto_20170701081033_Keaslian_Tulisan_TIPS.pdf

Download (224kB)

Abstract

Kata Kunci : Peran Guru, Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial. Keberhasilan suatu pempelajaran tak lepas dari peran guru sebagai seorang pendidik di lingkungan sekolah. Dalam proses pembelajaranya, guru dituntut untuk memiliki kemampuan meningkatkan kualitas pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang kondusif dan berkualitas pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean Pamekasan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru pengajar IPS di sekolah MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean Pamekasan Untuk mencapai penelitian diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data penelitian meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi triangulasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Guru mempunyai peran yang komplit, yaitu,pengelola kelas, guru mediator dan fasilitator, guru berperan sebagai pemimpin, pengajar dan pendidik, guru sebagai contoh kepada siswanya. Dan kerja sama yan baik antara guru dan siswa. (2) Faktor pendukung yaitu ada dua faktor. Pertama,faktor internal, merupakan faktor pendukung yang lahirdiri sendiri yang ada pada diri seorang guru. Kedua, faktor eksternal, dalam proses belajar mengajar melibatkan dua kelompok yaitu guru dan siswa. Ketika siswa menjadi faktor pendukung dan penghambat berhasil tidaknya sistem belajar mengajar IPS di MTs Tahfidz Ismailiyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71E ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:16
Last Modified: 18 Apr 2022 02:16
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2353

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item