Nafila, Dewi (2021) Penggunaan Modul Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII DI MTs Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Dewi Nafila_18381082014_Cover_TIPS.pdf Download (241kB) |
|
Text
Dewi Nafila_18381082014_HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI_TIPS.pdf Download (59kB) |
|
Text
Dewi Nafila_18381082014_HALAMAN PENGESAHAN_TIPS.pdf Download (169kB) |
|
Text
Dewi Nafila_18381082014_ABSTRAK_TIPS.pdf Download (183kB) |
|
Text
Dewi Nafila_18381082014_Daftar_Isi_TIPS.pdf Download (188kB) |
|
Text
Dewi Nafila_18381082014_BAB 1_TIPS.pdf Download (633kB) |
|
Text
Dewi Nafila_18381082014_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
|
Text
Dewi Nafila_18381082014_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text
Dewi Nafila_18381082014_BAB IV_TIPS.pdf Download (421kB) |
|
Text
Dewi Nafila_18381082014_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
Dewi Nafila_18381082014_Daftar_Putaka_TIPS.pdf Download (193kB) |
|
Text
Dewi Nafila_18381082014_Keaslian_Tulisan_TIPS.pdf Download (134kB) |
Abstract
Kata Kunci : Penggunaan, Modul, IPS. Dalam proses belajar-mengajar, pendidik pada suatu mata pelajaran tertentu pasti menggunakan media pembelajaran guna mempermudah dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada anak didik serta lebih menjamin kesuksesan pembelajaran, salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan yakni modul pembelajaran sebagaimana yang digunakan oleh guru IPS di MTs Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan. Namun sejauh ini mayoritas guru menggunakan media pembelajaran yang cendrung monoton, tidak efisien dan juga tidak efektif sehingga dampaknya berpengaruh pada capaian belajar anak didiknya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : pertama, Bagaimana penggunaan modul sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di MTS Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan; kedua, Apa saja kendala dan solusi dalam penggunaan modul sebagai media pembelajaranpada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di MTS Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan; ketiga, Bagaimana implikasi penggunaan modul sebagai media pembelajaran IPS bagi siswa dikelas VIII di MTS Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti Kepala Sekolah serta Guru IPS di MTs Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Modul pembelajaran digunakan oleh pendidik sebagai media pembelajaran di MTs Riyadul Ulum Bicorong untuk mentransfer materi pelajaran kepada anak didik pada mata pelajaran IPS. (2) Kendala dalam penggunaan modul sebagai media pembelajaran ini diantaranya interaksi antar siswa dirasa semakin berkurang, kurangnya skill yang dimiliki oleh pendidik IPS lainmaupun guru-guru lainnya, sebagian siswa kurang disiplin sedangkan solusi atas kendala tersebut diantaranya guru IPS dalam proses pembelajaran menjadwalkan kegiatan berkelompok, guru juga memberikan tenggat waktu penyelesaian modul serta kepala sekolah senantiasa mengadakan pelatihan-pelatihan dalam meningkatkan kualifikasi guru di MTs Riyadul Ulum. (3) Implikasi penggunaan modul sebagai media pembelajaran bagi siswa yakni berpengaruh pada meningkatnya motivasi belajar siswa serta hasil belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71F ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 02:02 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 02:02 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2369 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |