Penerapan Model Pembelajaran E-learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri Pamekasan

Putri, Nia Carlina (2021) Penerapan Model Pembelajaran E-learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. Nia Carlina Putri-20170701012101-Sampul-PAI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
c. Nia Carlina Putri-20170701012101-Halaman Persetujuan-PAI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
d. Nia Carlina Putri-20170701012101-Halaman Pengesahan-PAI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
e. Nia Carlina Putri-20170701012101-Abstrak-PAI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
f. Nia Carlina Putri-20170701012101-Daftar Isi-PAI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
g. Nia Carlina Putri-20170701012101-BAB I-PAI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
h. Nia Carlina Putri-20170701012101-BAB II-PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
i. Nia Carlina Putri-20170701012101-BAB III-PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
j. Nia Carlina Putri-20170701012101-BAB IV-PAI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
k. Nia Carlina Putri-20170701012101-BAB V-PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
l. Nia Carlina Putri-20170701012101-Daftar Pustaka-PAI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
b. Nia Carlina Putri-20170701012101-Pernyataan Keaslian Tulisan-PAI.pdf

Download (14kB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran E-learning, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam. Model pembelajaran E-learning adalah model pembelajaran yang modern yang berkembang sejalan perkembangan teknologi yang sangat memudahkan para guru untuk memberikan materi pelajaran kepada peserta didik, dengan melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pembelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran, serta mempermudah guru dan siswa untuk mencari sumber belajar dari berbagai situs informasi. Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana penerapan model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Pamekasan. Kedua, bagaimana peran guru dalam menerapkan model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Pamekasan. Ketiga, bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Pamekasan. Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memaparkan data secara deskriptif, pengumpulan data diperoleh dengan wawancara terstruktur, observasi non-participant dan dokumentasi. Sumber data ialah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa. Teknik analisis data ialah reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verivikasi. Sementara teknik pengecekan keabsahan datanya ialah ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: Pertama, Penerapan model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Pamekasan ialah pelaksanaan model pembelajaran e-learning selama ini sudah diterapkan di SMK Negeri 3 Pamekasan, hanya saja tidak semua yang mana pembelajaran sekarang masuk secara bergantian yaitu menggunakan absen ganjil-genap, yang mana pembelajaran daring akan mempermudah siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Kedua, Peran guru dalam menerapkan model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Pamekasan yaitu terlihat dari menggunakan berbagai upaya yang sesuai dengan kompetensi siswanya karena kemampuan siswa itu tidak sama. Untuk peran guru dalam menerapkan model pembelajaran e-learning itu sudah berbagai macam, seperti menggunakan google classroom, whatsapp dan pemberian materi serta tugas secara daring. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa mata mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Pamekasan yaitu dari faktor pendukungnya itu dari akses internet yang lancar dan mudah, mendapat paket internet gratis dari pemerintah untuk mempermudah guru-guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Untuk penghambatnya yaitu seperti jaringan yang tidak memadai atau lemot juga dari siswa yang terkadang tidak mempunyai kuota dan kurangnya interaksi langsung antara guru dan murid

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_014 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:21
Last Modified: 14 Apr 2022 03:21
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2393

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item