Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Masa Pandemi di SMP Negeri 5 Pamekasan

Susanto, Agus (2021) Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Masa Pandemi di SMP Negeri 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. AGUS SUSANTO_20170701011012_COVER_PAI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
3. AGUS SUSANTO_20170701011012_HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING_PAI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
4. AGUS SUSANTO_20170701011012_HALAMAN PENGESAHAN_PAI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
5. AGUS SUSANTO_20170701011012_ABSTRAK_PAI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
6. AGUS SUSANTO_20170701011012_KATA PENGANTAR_PAI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
7. AGUS SUSANTO_20170701011012_DAFTAR ISI_PAI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
8. AGUS SUSANTO_20170701011012_BAB I_PAI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
9. AGUS SUSANTO_20170701011012_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
10. AGUS SUSANTO_201707010011012_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
11. AGUS SUSANTO_20170701011012_BAB IV_PAI.pdf

Download (547kB)
[img] Text
12. AGUS SUSANTO_20170701011012_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
13. AGUS SUSANTO_20170701011012_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
2. AGUS SUSANTO_20170701011012_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
14. AGUS SUSANTO_20170701011004_DAFTAR RIWAYAT HIDUP_PAI.pdf

Download (127kB)

Abstract

Kata kunci: Penerapan, Pembelajaran, masa pandemi Latar belakang penelitian ini yakni tentang pembelajaran disaat pandemi covid-19, dimana pembelajaran sangat perlu dilakukan meskipun jarak, ruang, dan wktu terbatas.oleh karena itu penting dalam penerapan pembelajaran pendidikan agama islam dalam masa pandemic di SMPN 5 Pamekasan untuk meningkatkan pengetahuan dalam keadaan yang terbatas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang berbentuk deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan guru pendidikan agama islam, kepala sekolah dan siswa. Analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, mendisplay data, kesimpulan dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan, perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan serta triangulasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Penerapan pembelajaran yang diterapkan SMPn 5 Pamekasan memang mengikuti alur kepemerintahan yakni dengan menerapkan metode daring dan blendend learning. Pembelajaran daring yaitu belajar dari rumah sedangkan blanded learning yaitu pembelajaran yang menggunakan ganjil genap atau secara bergantia-gantian sesuai nomer absen. Pemebelajaran dilakuakan dengan mematuhi protocol kesehatan yang sesuai dengan intruksi dari pemerintah, sehingga pembelajaran berlangsung seperti biasanya. (2) faktor penghambatnya ialah pertama kesulitan dalam mengontrol peserta didik yang serius dalam mengikuti pembelajaran. Kedua peserta didik yang diggal di infrastruktur yang kurang baik dalam mengakses internet akan kesulitan. Ketiga, tidak semua peserta didik memliki fasilitas untuk mengakses pembelajaran daring. Keempat, lebih banyak teoritik daripada praktek. . Sedangakan faktor pendukungnya ialah pesertadidik lebih luas dalam mencari refrensi, peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan santai, waktudan tempat lebih efektif, dan peserta didik dilatih untuk lebih menguasai teknologi informasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_014 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:58
Last Modified: 14 Apr 2022 02:58
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2406

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item