Penerapan Metode Pembelajaran Tahfidz Bagi Anak Usia Pendidikan Dasar Di Musolla Al-Huda Desa Pademawu Barat Kecamatan Pademawu

Farida, Siti Nur (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Tahfidz Bagi Anak Usia Pendidikan Dasar Di Musolla Al-Huda Desa Pademawu Barat Kecamatan Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SITI NUR FARIDA_18381012166_Cover_PAI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
SITI NUR FARIDA_18381012166_LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING_PAI.pdf

Download (784kB)
[img] Text
SITI NUR FARIDA_18381012166_LEMBAR_PENGESAHAN_PAI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SITI NUR FARIDA_18381012166_ABSTRAK_PAI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
SITI NUR FARIDA_18381012166_KATA PENGANTAR_PAI.pdf

Download (366kB)
[img] Text
SITI NUR FARIDA_18381012166_DAFTAR ISI_PAI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
SITI NUR FARIDA_18381012166_BABI_PAI.pdf

Download (565kB)
[img] Text
SITI NUR FARIDA_18381012166_BABII_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
SITI NUR FARIDA_18381012166_BABIII_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
SITI NUR FARIDA_18381012166_BABIV_PAI.pdf

Download (480kB)
[img] Text
SITI NUR FARIDA_18381012166_BABV_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
SITI NUR FARIDA_18381012166_DAFTAR RUJUKAN_PAI.pdf

Download (374kB)
[img] Text
SITI NUR FARIDA_18381012166_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
SITI NUR FARIDA_18381012166_LAMPIRAN_PAI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SITI NUR FARIDA_18381012166_RIWAYAT HIDUP_PAI.pdf

Download (127kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Tahfidz, Anak Usia Pendidikan Dasar Penelitian ini dilatar belakangi karena ketertarikan peniliti pada seorang guru yang baru pertama kali menerapkan metode pembelajaran tahfidz di musolla kepada anak-anak yang memiliki rentan usia yang masih muda dan masih duduk dibangku pendidikan dasar, penerapan metode ini sangat tepat karena anak-anak pada usia tersebut memiliki daya ingat yang tinggi serta penerapan metode ini dapat menjadikan anak-anak seorang hafidz dan hafidzah yang berkualitas. Dua hal yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah a) Bagaimana langkah-langkah penerapan metode pembelajaran tahfidz bagi anak usia pendidikan dasar di Musolla Al-Huda desa Pademawu Barat kecamatan Pademawu?. b) Bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung dari penerapan metode pembelajaran tahfidz bagi anak usia pendidikan dasar di Musolla Al-Huda desa Pademawu Barat kecamatan Pademawu?. Untuk mencapai tujuan informasi diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian berbasis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan sumber data yang diperoleh dan yang menjadi informan adalah pemilik musolla, ustadz/ustadzah dan santri. Selanjutnya analisis data yang digunakan adalah reduks data, penyajian data, verifikasi data, dan kesimpulan. Serta validasi data menggunakan berbagai teknik yaitu perpanjangan ke ikutsertaan, meningkatkan ketekunan dan tringulasi teknik. Dari hasil penelitian ini dapat dipaparkan yang pertama langkah-langkah penerapan metode pembelajaran tahfidz di Musolla Al-Huda desa Pademawu Barat kecamatan Pademawu, yaitu: 1) pembelajaran diawali dengan pembacaan surah al-fatihah (ummul kitab) dan pembacaan asmaul husna. 2) pembacaan surah bersama-sama yang akan dihafalkan. 3) penerapan metode pembelajaran tahfidz dan penyetoran surah kepada ustadz. 4) pemberian reward kepada santri yang telah menghafal surah kepada ustadz. Kedua faktor penghambat dan faktor pendukung dari penerapan metode pembelajaran tahfidz bagi anak usia pendidikan dasar di Musolla Al-Huda desa Pademawu Barat kecamatan Pademawu, yaitu untuk faktor penghambatnya adalah rasa malas dan rasa bosan yang muncul pada setiap santri saat menghafal al-Qur’an, sarana dan prasarana yang kurang memadai serta terbatasnya waktu dalam proses menghafal al-Qur’an dan penerapan metode pembelajaran tahfidz. Sedangkan faktor pendukungnya adalah keinginan seorang guru dalm mencetak santrinya menjadi hafidz dan hafidzah al�Qur’an dan guru ingin mengembangkan bakat dan minat santri yang masih terpendam melalui pembelajaran tahfidz tersebut serta dukungan dan motivasi orang tua dan pemilik musolla juga menjadi salah satu pendukung yang paling penting dalam penerapan metode pembelajaran tahfidz

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m69B ??
?? m71E ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:14
Last Modified: 14 Apr 2022 02:14
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2454

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item