Pengaruh Penerapan Metode Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di SDN BULAY II Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan Tahun ajaran 2021/2022

Zahrah, Aminatus (2021) Pengaruh Penerapan Metode Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di SDN BULAY II Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan Tahun ajaran 2021/2022. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Aminatus Zahrah_18381052011_Cover_PGMI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
c) Aminatus Zahrah_18381052011_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (215kB)
[img] Text
d) Aminatus Zahrah_18381052011_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
e) Aminatus Zahrah_18381052011_Abstrak_PGMI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
f) Aminatus Zahrah_18381052011_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
g) Aminatus Zahrah_18381052011_BAB I_PGMI.pdf

Download (550kB)
[img] Text
h) Aminatus Zahrah_18381052011_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
i) Aminatus Zahrah_18381052011_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
j) Aminatus Zahrah_18381052011_BAB IV_PGMI.pdf

Download (648kB)
[img] Text
k) Aminatus Zahrah_18381052011_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
l) Aminatus Zahrah_18381052011_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (359kB)
[img] Text
b) Aminatus Zahrah_18381052011_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_PGMI.pdf

Download (284kB)

Abstract

Kata Kunci : Metode jigsaw, hasil belajar, mata pelajaran IPA. Kegiatan pembelajaran merupakan suatu kegiatan interaksi yang dilakukan oleh guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa. Kegiatan interaksi dapat dikatakan berhasil apabila dalam interaksi tersebut siswa terlibat aktif. Ketidakberhasilan siswa dalam suatu pembelajaran salah satunya disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Hal ini terjadi pada kelas V SDN Bulay II yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah serta siswa malas untuk belajar, khususnya pada pembelajaran IPA. Salah satu metode pembelajaran yang dipandang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode jigsaw yaitu metode yang menitik beratkan pada kerja kelompok kecil. Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apakah ada pengaruh metode jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V Di SDN Bulay II; kedua ,seberapa besar pengaruh penerapan metode jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V Di SDN Bulay II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan atau metode kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode quasy eksperiment (eksperimen semu). Bentuk desain eksperimen dalam penelitian ini adalah Non�equivalent Control Grup Desain. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas V. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu: Kelompok eksperimen dimana kelompok ini siswa diberi perlakuan metode jigsaw dengan sampel yang terpilih adalah siswa kelas V A dengan 11 siswa, dan kelompok kontrol dimana siswa diberi perlakuan metode ceramah dengan sampel yang terpilih adalah siswa kelas V B dengan jumlah 11 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui soal tes dan dokumentasi. Tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan dokumentasi berupa foto dikelas eksperimen. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis uji hipotesis untuk hasil belajar yang diperoleh menujukkan bahwa thitung>ttabel dengan taraf signifikansi 5% dengan ttabel yaitu 2,086. Maka thitung>ttabel yaitu 2,172>2,086, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau ada pengaruh metode jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Dan besarnya pengaruh penerapan metode jigsaw terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan rumus effect size, diperoleh ES sebesar 1,06 yang termasuk dalam kriteria yang tinggi karena ES > 1,00 yaitu 1,06>1,00. Sehingga Ha diterima dan bisa disimpulkan bahwa metode jigsaw dapat memberikan pengaruh yang positif dengan kategori yang tinggi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V di SDN Bulay II

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m71G ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 14 Apr 2022 01:51
Last Modified: 14 Apr 2022 01:51
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2479

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item