Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak di SMKN 2Sampang

Rifadi, Chairil (2020) Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak di SMKN 2Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Chairil Rifadi_18201501040034_Cover_MPI.pdf.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Chairil Rifadi_18201501040034_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Chairil Rifadi_18201501040034_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Chairil Rifadi_18201501040034_Abstrak_MPI.pdf.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Chairil Rifadi_18201501040034_Daftar_Isi_MPI.pdf.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Chairil Rifadi_18201501040034_BAB I_MPI.pdf.pdf

Download (420kB)
[img] Text
Chairil Rifadi_18201501040034_BAB II_MPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
Chairil Rifadi_18201501040034_BAB III_MPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
Chairil Rifadi_18201501040034_BAB IV_MPI.pdf.pdf

Download (378kB)
[img] Text
Chairil Rifadi_18201501040034_BAB V_MPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
Chairil Rifadi_18201501040034_Daftar_Pustaka_MPI.pdf.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Chairil Rifadi_18201501040034_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_MPI.pdf.pdf

Download (189kB)

Abstract

Kata Kunci : Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak. Pendidikan adalah usaha yang dilakukan dengan sengaja dan sistematis untuk memotivasi, membina, serta membimbing seseoarang untuk mengembangkan segala potensinya sehingga ia mencapai kualitas diri yang lebih baik. Dalam dunia pendidikan itu pasti terdapat budi pekerti yang baik untuk dijadikan pedoman hidup maka dalam hal ini perlu ada pelajaran dalam pengelolaan kelas yang mamadai untuk siswa dan siswi SMKN 2 Sampang sehingga membutuhkan potensi yang baik dan kuat untuk bisa mengatasi masalah pendidikan khususnya di pengelolaan kelas karena siswa pada umunnya harus memiliki akhlak yang yang penuh dengan kepribadian yang baik lebih lebih pada gurunya. Adapun bentuk-bentuk peran guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak, begitru juga dengan tugas guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak dan Faktor apa saja yang mempengaruhi peran guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak di SMKN 2 Sampang. Teori-teori pendukung dalam pengelolaan kelas ini sangat kuat dan akurat sehingga pada dasanya teori yang terpenting adalah dari al-qur,an dan hadist. Ada juga tambahan teori melelui ilmu pengetahuan secara tertulis melalui refrensi buku-buku acuan yang berpedoman pada ilmu pendidikan akhlak dalam penegelolaan kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara memuat informasi dengan kata-kata yang dimasukan dalam bentuk skripsi. Adapun cara memperolehan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang benar dan akurat untuk diuji kebenaranya sesuai dengan fakta yang ada. Tenik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, metode triangulasi dan ketekunan pengamatan oleh peneliti tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil sesuai dengan fakta yang diperoleh secara falid dan benar. pertama, bentuk-bentuk peran guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak di SMKN 2 Sampang. Disini Kegiatan pembelajaran di kelas dalam pengelolaan kelas Seorang guru disin dalam mengajar tidak hanya memberikan materi dalam pembelajaran, Beliau selalu memberikan motivasi, arahan dan pelajaran tentang akhlak yang baik. Karena Akhlak dari akhlak yang baik akan tercipta perilaku-perilaku yang positif. Beliau selalu memberikan motivasi tentang pentingnya ilmu dan sabar dalam mecari ilmu serta keutamaan-keutamaan ilmu. Dan yang lebih penting ilmu tersebut tidak akan hinggap pada pelaku maksiat. Dari itu guru sadar dan mencoba untuk memperbaiki diri dan bisa memberikan kontribusi yang baik kepada siswa kedua, tugas guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak di SMKN 2 Sampang. Adapun tugas guru mendidik dan mebina siswa agar menjadi siswa yang paham terhadap ilmu dan akhlak yang dilakukan didalam kelas dan luar kelas untuk menjadi siswa yang bail. Ketiga, Faktor apa saja yang mempengaruhi peran guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak di SMKN 2 Sampang,Peneliti melihat bahwasannya dalam setiap harinya guru-guru yang lain melakukan pendekatan terhadap siswa diiringi dengan memberikan arahan-arahan seperti dalam materi pembelajaran aqidah akhlak yang sudah dipelajarinya. Memberikan teguranteguran ringan kepada peserta didik yang melanggar aturan dan malas dalam belajar. Seperti teguran dengan lisan dan memberi nasehat yang baik. jadi dalam pengelolaan kelas sangat penting untuk pemebelajaran karena guru disini bisa mengetahui watak siswa yang di didik sehinga memperoleh hasil yang maksimal dalam pelajaran aqidah akhlak, karena setiap watak siswa selalu berbeda melainkan harus memahami satu sama yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:04
Last Modified: 29 Dec 2022 02:38
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/250

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item