Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Bandaran dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening

Al Juffri, Elda Ayu Nabila (2021) Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Bandaran dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Elda Ayu Nabila Al Juffri_18383022055_Cover_PBS.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Elda Ayu Nabila Al Juffri_18383022055_Halaman Persetujuan Pembimbing_PBS.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Elda Ayu Nabila Al Juffri_18383022055_Halaman Pengesahan_PBS.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Elda Ayu Nabila Al Juffri_18383022055_Abstrak_PBS.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Elda Ayu Nabila Al Juffri_18383022055_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Elda Ayu Nabila Al Juffri_18383022055_BAB I_PBS.pdf

Download (575kB)
[img] Text
Elda Ayu Nabila Al Juffri_18383022055_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
Elda Ayu Nabila Al Juffri_18383022055_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
Elda Ayu Nabila Al Juffri_18383022055_BAB IV_PBS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Elda Ayu Nabila Al Juffri_18383022055_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
Elda Ayu Nabila Al Juffri_18383022055_Daftar Pustaka_PBS.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Elda Ayu Nabila Al Juffri_18383022055_Surat Pernyataan Keaslian Karya dan Persetujuan Publikasi_PBS.pdf

Download (223kB)

Abstract

Kata Kunci: Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, Loyalitas Nasabah, Kepuasan Nasabah, Variabel Intervening. Kualitas layanan yang sesuai atau bahkan melebihi harapan nasabah dan kesan positif dibenak para nasabah, yang kemudian kesan tersebut diubah bentuknya menjadi citra positif akan membuat nasabah merasa puas dan akan meningkatkan rasa loyalitasnya pada sebuah perusahaan, sehingga perusahaan mampu menjaga kelangsungan hidupnya di tengah persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Bandaran dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah di BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Bandaran yang berjumlah 638 orang nasabah. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 246 orang nasabah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling insidental yang merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda untuk menjawab hipotesis 1, 2, 3, 4, dan 5, dan path analysis (analisis jalur) untuk menjawab hipotesis 6 dan 7 dengan menggunakan program SPSS Versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung sebesar 9,893 lebih besar dari ttabel (9,893 > 1,972), dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (2) citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung sebesar 2,798 lebih besar dari ttabel (2,798 > 1,972), dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05; (3) Kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung sebesar 1,109 lebih kecil dari ttabel (1,109 < 1,972), dengan nilai signifikansi 0,268 > 0,05; (4) citra perusahaan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung sebesar 1,188 lebih kecil dari ttabel (1,188 < 1,972), dengan nilai signifikansi 0,236 > 0,05; (5) kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung sebesar 11,186 lebih besar dari ttabel (11,186 > 1,972), dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (6) Kepuasan nasabah memediasi pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai Zhitung sebesar 10,504 lebih besar dari Ztabel yaitu sebesar 1,960 (10,504 > 1,960); (7) Kepuasan nasabah memediasi pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai Zhitung sebesar 2,188 lebih besar dari Ztabel yaitu sebesar 1,960 (2,188 > 1,960).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m73C ??
?? m_067 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:05
Last Modified: 13 Apr 2022 03:05
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2523

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item