Laili, Sofiatul (2021) Kecerdasan Emosional dalam Membentuk kemandirian belajar siswa IPS Kelas 1X di MTs Sabilil Muttaqin Panaguan Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Sofiatul Laili_18381082076_Cover_TIPS.pdf Download (335kB) |
|
Text
Sofiatul Laili_18381082076_Lembar_Persetujuan_TIPS.pdf Download (241kB) |
|
Text
Sofiatul Laili_18381082076_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf Download (300kB) |
|
Text
Sofiatul Laili_18381082076_Abstrak_TIPS.pdf Download (185kB) |
|
Text
Sofiatul Laili_18381082076_Daftar_Isi_TIPS.pdf Download (379kB) |
|
Text
Sofiatul Laili_18381082076_Bab I_TIPS.pdf Download (441kB) |
|
Text
Sofiatul Laili_18381082076_Bab II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
|
Text
Sofiatul Laili_18381082076_Bab III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
|
Text
Sofiatul Laili_18381082076_Bab IV_TIPS.pdf Download (559kB) |
|
Text
Sofiatul Laili_18381082076_Bab V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
Sofiatul Lalili_18381082076_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf Download (405kB) |
|
Text
Sofiatul laili_18381082076_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_TIPS.pdf Download (132kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional dalam Membentuk kemandirian belajar siswa IPS Kelas 1X di MTs Sabilil Muttaqin Dari hal tersebut, dapat dilihat bentuk kecerdasan emosional yang dimiliki siswa.Namun dari mereka tidak semuanya memiliki dari bentuk kecerdasan emosional tersebut.Dan juga dari mereka mempunyai beberapa aspek-aspek kemandirian dalam belajar.Mengelola pada saat pembelajaran yaitu, aspek tanggung jawab,berdiri sendiri dan percaya diri serta mempunyai motivasi yang tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana kecerdasan emosional dalam membentuk kemandirian belajar pada mata pelajaran IPS Kelas IX di MTs Sabilil Muttaqin. KeduaApa saja faktor yang membentuk kecerdasan emosional siswa sehingga memiliki kemandirian belajar pada mata pelajaran IPS di kelas IX di MTs Sabilil Muttaqin. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, untuk sumber yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informannya yaitu kepala sekolah. Guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertamadengan pembentukan kecerdasan emosional dalam membentuk kemandirian belajar siswa. Bentukbentuk Kecerdasan emosional siswa MTs Sabilil Muttaqin kelas IX MTs, salah satunya memotivasi diri, kesadaran diri, mengelola emosi dan mengontrol dirinya, sehingga dibutuhkannya dalam proses pembelajaran terutama pada pelajaran IPS,dalam kecerdasan emosional dalam membentuk kemandirian belajar yaitu adanya pendekatan terhadap siswa yang mana nantinya akan memberikan efek yang positif terhadap siswa tersebut, memberikan arahan dan juga motivasi yang akan nantinya mengarah terhadap pembentukan kemandirian belajarkedua, Untuk itu terdiri dari beberapa faktor yaitu internal dan juga eksternal berasal dari lingkungan dan juga dari diri sendiri yang mana adapenunjang dari mereka menggunakan beberapa hal yang menarik untuk penunjang siswa dalam proses pembelajarannya pendekatan seorang guru pun juga sangat dibutuhkan dalam membentuk kemandirian belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71B ?? ?? m71E ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 02:36 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 02:36 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2561 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |