Pengaruh Strategi Word of Mouth dan religiusitas terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariiah (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura)

Wulandari, Santi (2021) Pengaruh Strategi Word of Mouth dan religiusitas terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariiah (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Santi Wulandari_20170703022190_Cover_PBS.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Santi Wulandari_20170703022190_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS (3).pdf

Download (188kB)
[img] Text
Santi Wulandari_20170703022190_Lembar_Pengesahan_PBS (2).pdf

Download (318kB)
[img] Text
Santi Wulandari_20170703022190_Abstrak_PBS.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Santi Wulandari_20170703022190_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Santi Wulandari_20170703022190_BAB 1_PBS.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Santi Wulandari_20170703022190_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
Santi Wulandari_20170703022190_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
Santi Wulandari_20170703022190_BAB IV_PBS.pdf

Download (639kB)
[img] Text
Santi Wulandari_20170703022190_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
Santi Wulandari_20170703022190_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Santi Wulandari_20170703022190_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PBS (1).pdf

Download (325kB)

Abstract

Kata kunci: Word of Mouth, Religiusitas, Minat Menabung Minat adalah rasa suka dan ketertarikan pada suatu hal tanpa ada yang menyuruh atau paksaan dari orang lain untuk mencapai tujuan tertentu Minat menabung di perbankan syariah masih menjadi permasalahan utama lembaga kuangan syariah, maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik minat masyarakat. Khususnya dalam hal ini berkaitan dengan minat mahasiswa untuk menabung di perbankan syariah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyebaran informasi melalui word of mouth yang dilakukan oleh nasabah yang merasa puas akan perbankan syariah. Serta mengenai tingkat religiusitas mahasiswa FEBI IAIN Madura akankah berpengaruh dalam menentukan minat menabung di bank syariah. Dengan demikian, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah strategi word of mouth berpengaruh terhadap minat menabung mahasiswa FEBI IAIN Madura di bank syariah; 2) apakah religiusitas berpengaruh terhadap minat menabung mahasiswa FEBI IAIN Madura di bank syariah; 3) apakah strategi word of mouth dan religiusitas secara simultan berpengaruh terhadap minat menabung mahasiswa FEBI IAIN Madura di bank syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran angket atau kuesioner secara online melalui google form. Adapun pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling, dengan metode pemilihan sampel yang digunakan adalah stratified sampling. Subyek penelitian berjumlah 82 responden, jumlah tersebut diambil dari jumlah populasi mahasiswa FEBI semester 8. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis regresi linear berganda berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi dan uji parameter individual atau uji t dan uji F dengan bantuan alat analisis SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh word of mouth terhadap minat menabung di bank syariah dengan nilai thitung sebesar 12,631 > ttabel sebesar 1,990 dengan taraf signifikansi 0,000 berarti hipotesis diterima. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya pengaruh word of mouth terhadap minat menabung di bank syariah dengan nilai thitung sebesar 2,643 > ttabel sebesar 1,990 dengan taraf signifikansi 0,010, taraf signifikansi ini lebih kecil dari 0,05 berarti hipotesis diterima. Word of mouth dan reliigiusitas secara simulltan berpengaruh terhadap minat menabung dengan nilai Fhitung (98,331) > Ftabel (2,72) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya hipotesis diterima bahwa word of mouth dan reliigiusitas secara simulltan berpengaruh terhadap minat menabung di bank syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20C ??
?? m73C ??
?? m_212 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:36
Last Modified: 11 Apr 2022 02:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2650

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item