Bainurrohim, Ivan (2021) Implementasi Teknik Modeling Simbolik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Smk Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ivan Bainurrohim_2017070091051_cover_BKPI.pdf.pdf Download (15kB) |
|
Text
Ivan Bainurrohim_20170701091051_halaman persetujuan_BKPI.pdf.pdf Download (155kB) |
|
Text
Ivan Bainurrohim_20170701091051Pengesahan_ bkpi-537.pdf Download (66kB) |
|
Text
Ivan bainurrohim_2017001091051_abstrak_BKPI.pdf Download (285kB) |
|
Text
Ivan bainurrohim_20170701091051_daftar isi_BKPI.pdf Download (81kB) |
|
Text
Ivan bainurrohim_20170701091051_BAB I_BKPI.pdf Download (445kB) |
|
Text
Ivan bainurrohim_20170701091051_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
|
Text
Ivan Bainurrohim_20170701091051_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
|
Text
Ivan Bainurrohim_20170701091051_BAB IV_BKPI.pdf Download (732kB) |
|
Text
Ivan Bainurrohim_20170701091051_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
Ivan Bainurrohim_20170701091051_Daftar rujukan_BKPI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ivan Bainurrohim_20170701091051_keaslian tulisan_BKPI.pdf.pdf Download (82kB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, teknik modeling, dan motivasi belajar Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMK Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan dalam analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data, peneliti melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi penyuluhan partisipasi, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini, pertama, penerapan teknik pemodelan simbolik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Sumber Bungur Pakong Pamekasan, terdapat empat tahapan sebagai berikut: a) tahap perhatian dimana guru BK memberikan bimbingan kelompok yang berisi tentang penampilan video karakter atau model agar dapat ditiru oleh siswa. b) tahap retensi (pengulangan) dimana guru BK secara terus menerus memberikan tayangan video kepada siswa agar siswa dapat dengan mudah mengingat setiap perilaku karakter yang dapat ditiru oleh siswa, c) tahap reproduksi, pada tahap ini siswa dapat menampilkan perilaku baru sesuai dengan tingkah laku atau tingkah laku tokoh. model yang mereka tonton. d) tahap motivasi atau penguatan, dalam hal ini guru BK memberikan motivasi secara terus menerus baik secara lisan maupun tertulis agar siswa dapat mengubah perilakunya dalam belajar menjadi lebih baik. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan teknik pemodelan simbolik, yaitu: Faktor pendukungnya adalah (a) Adanya ruang kelas dan ruang konseling, (b) Adanya kerjasama yang baik antar seluruh elemen sekolah . Faktor penghambatnya adalah adanya perbedaan karakter siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang menyebabkan sebagian kecil siswa kurang fokus yang dapat mengganggu perkembangan kognitif dan juga buruknya moralitas siswa. Oleh karena itu, guru melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satunya dengan menerapkan teknik pemodelan simbolik. Dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Sumber Bungur pakong pamekasan. Faktor pendukungnya adalah (a) Adanya ruang kelas dan ruang konseling yang digunakan guru BK untuk membantu siswa untuk menyelesaikan permasalahnanya (b) Adanya kerjasama yang baik antar seluruh elemen sekolah. Faktor penghambatnya antara lain (a) adanya perbedaan karakter siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang menyebabkan sebagian kecil siswa kurang fokus ketika pelaksanaan teknik modeling simbolis yang dikemas dalam bentuk penampilan video
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m20B ?? ?? m71E ?? ?? m_133 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 02:29 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 02:29 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2709 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |