Aisyi, Alvin Rachil (2021) Antecedent, Behavior dan Consequence perilaku membolos pada Siswa di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Alvin Rachil Aisyi_20170701091010_sampul.pdf Download (159kB) |
|
Text
Alvin Rachil Aisyi_20170701091010_Halaman perrsetujuan.pdf Download (218kB) |
|
Text
Alvin Rachil Aisyi_20170701091010_Halaman Pengesahan.pdf Download (254kB) |
|
Text
Alvin Rachil Aisyi_20170701091010_Abstrak.pdf Download (147kB) |
|
Text
Alvin Rachil Aisyi_20170701091010_daftar isi.pdf Download (156kB) |
|
Text
Alvin Rachil Aisyi_20170701091010_BAB I.pdf Download (425kB) |
|
Text
Alvin Rachil Aisyi_20170701091010_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
Text
Alvin Rachil Aisyi_20170701091010_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text
Alvin Rachil Aisyi_20170701091010_BAB IV.pdf Download (402kB) |
|
Text
Alvin Rachil Aisyi_20170701091010_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
Text
Alvin Rachil Aisyi_20170701091010_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (257kB) |
|
Text
Alvin Rachil Aisyi_20170701091010_Keaslian Tulisan.pdf Download (238kB) |
Abstract
Kata Kunci: Antecedent, Behavior, Consequence, Bolos. Kenakalan remaja tidak hanya terjadi di lingkungan sosial masyarakat, namun juga bisa terjadi di lingkungan sekolah. Bentuk kenakalan remaja yang terjadi di lingkungan sekolah yang sering kita temui adalah perilaku membolos. Secara garis besar, perilaku membolos adalah perilaku yang menyimpang dari aturan sekolah serta moral siswa. Antecedent ialah sesuatu yang datangnya lebih dahulu sebelum terjadi perilaku atau Behavior. Antecedent dapat dikatakan sebagai pemicu suatu perilaku atau dapat dikatakan mengapa orang berperilaku seperti itu. Consequence ialah sesuatu yang mengikuti perilaku atau dengan kata lain akibat dari perilaku yang dilakukan. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, gambaran perilaku membolos pada Siswadi MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Kedua, Antecedent, Behavior dan Consequence perilaku membolos pada Siswadi MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan, dan ketiga upaya guru BK dalam mencegah terjadinya bolos di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif analisis. Sumber data dalam penelitian ini adalah manusia dan non manusia. pengumpulan data menggunakan metode observasi, intreview dan dokumenasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Gambaran perilaku membolos pada siswa di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan yaitu terdapat beberapa macam, misalnya siswa yang tidur di asrama dan siswa yang berangkat dari rumah tapi tidak sampai ke sekolah serta siswa nonsantri yang membolos dengan cara menumpang tidur di asrama pondokj. Kedua, pemicu (antecedent)yang menyebabkan perilaku membolos diantaranya karena siswa yang tidak suka terhadap mata pelajaran atau kepada guru yang mengampu mata pelajaran tertentu. Perilaku (behavior) membolos yang terjadi di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan yaitu tidur di asrama dan pergi meninggalkan sekolah tanpa keterangan. Sedangkan faktor pendukung (consequence) yaitu faktor pribadi dan pengaruh teman. Ketiga, upaya guru BK dalam mencegah terjadinya perilaku membolos di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan yaitu dengan memberi teguran, arahan dan kunjungan keluarga (home visit) serta pemberian sanksi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_110 ?? ?? m_133 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 06:51 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 06:51 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2766 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |