Implementasi Nilai-nilai Edupreneurship dalam Kitab Sullamut Taufiq Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Pacoran Barat Kadur 2019

Rozi, Fathor (2020) Implementasi Nilai-nilai Edupreneurship dalam Kitab Sullamut Taufiq Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Pacoran Barat Kadur 2019. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Fathor Rozi_ 18201501040048_Cover_MPI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Fathor Rozi_18201501040048_Halaman Persetujuan Pembimbing_MPI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Fathor Rozi_18201501040048_Halaman Pengesahan_MPI.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Fathor Rozi_18201501040048_Abstrak_MPI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Fathor Rozi_18201501040048_Daftar Isi_MPI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Fathor Rozi_ 18201501040048_BAB I_MPI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Fathor Rozi_ 18201501040048_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
Fathor Rozi_ 18201501040048_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
Fathor Rozi_ 18201501040048_BAB IV_MPI.pdf

Download (717kB)
[img] Text
Fathor Rozi_ 18201501040048_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
Fathor Rozi_ 18201501040048_Daftar Pustaka_MPI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Fathor Rozi_18201501040048_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan dan Persetujuan Publikasi_MPI.pdf

Download (265kB)

Abstract

Kata Kunci : Implementasi, Nilai-nilai Edupreneurship, Kitab Sullamut Taufiq. Nilai-nilai edupreneurship merupakan kebutuhan lembaga pendidikan secara umum, baik lembaga formal maupun non formal dan bahkan informal. Hal ini menjadi penting karena peserta didik tidak harus dibekali dengan ilmu-ilmu pasti yang kiranya dapat dengan mudah untuk diterapkan. Implementasi dari nilai�nilai edupreneurship sendiri merupakan langkkah awal peserta didik untuk bisa menerapkan apa yang telah dia dapatkan, baik peneapannya secara disengaja maupun tanpa disengaja untuk peserta didik bisa atau tidaknya dalam menghadapi persaingan gelobal sehingga dirinya dituntut untuk mempunyai daya saing dan daya tari yang tinggi bagi orang lain. Dalam penelitian ini terdapat dua fokus penelitian, Pertama: Nilai-nilai Edupreneurship dalam Kitab Sullamut Taufiq; Kedua: Implementasi Nilai-Nilai Edupreneurship dalam Kitab Sullamut Taufiq di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Pancoran Barat Kadur Pamekasan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuaitatif, sementara penilitian ini adalah deskriftif. Sumber data adalah pengasuh dan pengurus pesantren. Untuk mendapatkan data penelitian penelitia menggunakan beberapa prosedur yaitu; Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Kemudian peneiti menganalisis data dengan mereduksi data, data display (Penyajian data), conclusion drawing/verification. Untuk mendapatkan keabsahan data menggunakan keikut sertaan, ketekunan, pengamatan, trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Nilai-nilai edupreneurship dalam kitab sullamut taufiq diatntaranya adalah: (a) Iman yang dalam edupreneurship biasa disebut dengan Visioner atau berorientasi pada masa depan; (b) as-Shidqu atau kejujuran, dimana denga bermodalkan kejujuran segala urusan akan terselesaikan dengan baik karena keterbukaan atau transparansi sudah tersalurkan; (c) Istiqamah dan bertanggung jawab, karena dengan konsistensi dan keberanian yang tinggi dalam mengambil resiko hasil dari usahan akan lebih maksimal; (d) kerja keras yang harus dioptimalkan setiap saatnya; (e) kerja sama yang dalam istilah keislaman disebut dengan silaturrahmi; (f) kepemimpinan optimal yang menjadi kebutuhan dalam setiap persoalan. (2) Implementasi niai-nilai edupreneurship dalam kitab sullamut taufiq di Pondok pesantren hidayatul mubtadiin pancoran barat kadur pamekasan antaranya adalah: (a) visioner dan kejujuran yang maksimal yang menuntut santri untuk berkata dan berprilaku jujur dalam setiap tingdakannya; (b) keistiqamahan yang tinggi yang ditanamkan dengan kegiatan harian, mingguan dan bulanan, dimana hasilna bisa dipastikan optimal; (c) kerja keras dan kerja sama dimana dengan keduanya informasi akan mudah didapatkan dan hubungan persaudaraan atau persahatan santri akan semakin erat; (d) kepemimpinan yang ditanamkan kepad asantri akan membawa mereka pada kekreatifan dalam menjadi pemimpin dimasa yang akan datang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71H ??
?? m_052 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 14 Mar 2022 06:46
Last Modified: 14 Mar 2022 06:46
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2773

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item