Pengelolaan Ngaji Jurnalistik sebagai Pengembangan Kemampuan Menulis Siswi di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Bettet Pamekasan

Fakhiroh, Eva Zakiyatul (2022) Pengelolaan Ngaji Jurnalistik sebagai Pengembangan Kemampuan Menulis Siswi di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a) Eva Zakiyatul Fakhiroh_18381042044_Cover_MPI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
c) Eva Zakiyatul Fakhiroh_18381042044_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
d) Eva Zakiyatul Fakhiroh_18381042044_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
e) Eva Zakiyatul Fakhiroh_18381042044_Abstrak_MPI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
f) Eva Zakiyatul Fakhiroh_18381042044_Daftar_Isi_MPI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
g) Eva Zakiyatul Fakhiroh_18381042044_BAB I_MPI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
h) Eva Zakiyatul Fakhiroh_18381042044_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
i) Eva Zakiyatul Fakhiroh_18381042044_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
j) Eva Zakiyatul Fakhiroh_18381042044_BAB IV_MPI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
k) Eva Zakiyatul Fakhiroh_18381042044_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
l) Eva Zakiyatul Fakhiroh_18381042044_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
b) Eva Zakiyatul Fakhiroh_18381042044_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_MPI.pdf

Download (42kB)

Abstract

Kata Kunci: Pengelolaan Ngaji Jurnalistik, Menulis, Madrasah Aliyah Pengelolaan ngaji jurnalistik adalah kegiatan madrasah yang dikelola sebagai wadah kepenulisan peserta didik agar mereka menggemari dunia kepenulisan sehingga dapat menghasilkan karya dan perubahan yang optimal. Menulis adalah sebagai suatu bentuk komunikasi tertulis yang memuat gagasan, tuturan, tatanan dan wahana sehingga memiliki makna untuk mencapai tujuan tertentu. Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Bettet Pamekasan merupakan salah satu madrasah yang menyelanggarakan kegiatan jurnalistik, tepatnya ngaji jurnalistik. Berdasarkan hal tersebut, ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana guru mengelola ngaji jurnalistik sebagai pengembangan kemampuan menulis siswi di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Bettet Pamekasan; Kedua, faktor apa saja yang mempengaruhi pengelolaan ngaji jurnalistik sebagai pengembangan kemampuan menulis siswi di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data yang diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data menggunakan manusia dan non manusia. Jenis data menggunakan data primer. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan triangulasi. Informannya adalah guru, pembina, dan siswi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, ngaji jurnalistik di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Bettet Pamekasan didirikan oleh kepala madrasah dan kemudian dikelola oleh guru matapelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan setelah jam pelajaran berakhir yaitu pukul 11.30-12.30. Pengelolaan ngaji jurnalistik di madrasah ini dipasrahkan kepada pembina dan guru berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan oleh sekolah dan dikoordinasikan kepada pembina jurnalistik. Guru melakukan pengelolaan ngaji jurnalistik dengan memberikan gambaran dan metode terlebih dahulu untuk mengasah kemampuan siswi dalam menulis dan bentuk pengawasannya dengan melakukan koordinasi ke pembimbing kemudian mengadakan rapat dengan tema yang ditentukan, dan disitulah pengelola mengawasi apa yang dikerjakan siswi. Beberapa karya yang dihasilkan oleh siswi dari kegiatan ngaji jurnalistik yaitu karya sastra dan karya ilmiah. Kegiatan ini dipublikasikan melalui majalah dinding madrasah dan majalah Az-Zahra. Kedua, faktor yang mendorong terbentuknya kegiatan ini yaitu adanya kebutuhan siswi, sebagai wadah menampung produk kreatifitas siswi dan melihat dari potensi siswi yang luar biasa. Beberapa faktor yang memengaruhi pengelolaan kegiatan ini yaitu faktor pendukung yang berupa tersedianya fasilitas ruangan untuk mengelola penulisan dan faktor penghambat yang berupa banyaknya tugas sekolah yang membuat semangat siswi menurun, kesulitan saat memulai suatu karya, dan kurangnya minat baca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 19 May 2022 03:18
Last Modified: 30 Jan 2023 07:24
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2901

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item