Implementasi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Al‐ Qur’an Hadist Di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan

Hayanah, Nur (2022) Implementasi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Al‐ Qur’an Hadist Di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
NUR HAYANAH_ 18381012137_COVER_PAI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
NUR HAYANAH_ 18381012137_LEMBAR PERSETUJUAN_PAI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
NUR HAYANAH_ 18381012137_LEMBAR PENGESAHAN_PAI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
NUR HAYANAH_ 18381012137_ABSTRAK_PAI.pdf

Download (439kB)
[img] Text
NUR HAYANAH_ 18381012137_DAFTAR ISI_PAI.pdf

Download (379kB)
[img] Text
NUR HAYANAH_ 18381012137_BAB I_PAI.pdf

Download (669kB)
[img] Text
NUR HAYANAH_ 18381012137_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
NUR HAYANAH_ 18381012137_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
NUR HAYANAH_ 18381012137_BAB IV_PAI.pdf

Download (564kB)
[img] Text
NUR HAYANAH_ 18381012137_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
NUR HAYANAH_ 18381012137_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf

Download (392kB)
[img] Text
NUR HAYANAH_ 18381012137_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf

Download (277kB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Metode Ceramah, Pembelajaran Al‐Qur’an Hadist. MA Miftahul Qulub adalah Lembaga Pendidikan Islam tingkat menengah atas yang ikut berperan dalam membimbing generasi muda islam untuk menjadi hamba yang mampu memahami Al‐Qur’an Hadist untuk bekal hidup di dunia dan akhirat. Dalam mengembangkan potensi peserta didik, kepala Madrasah dan Wakil kepala Madrasah perlu berdiskusi dengan guru tentang mengatur berbagai metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar yang akan diberikan terhadap peserta didik. Metode merupakan teknik pembelajaran yang harus dikuasai oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran terhadap peserta didik, baik secara individu maupun kelompok. Sedangkan pembelajaran adalah cara membentuk atau memantapka peserta didik terhadap suatu penyajian informasi/bahan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi metode ceramah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan; kedua, bagaimana efektivitas implementasi metode ceramah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan; ketiga, faktor apa saja yang menghambat implementasi metode ceramah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis wawancara yang digunaka adalah Semi Terstruktur yang merupakan gabungan antara wawancara terstuktur dan tidak terstruktur sedangkan jenis observasi yang digunakan yaituobservasi Non Partisipan. Informannya adalah kepala Madrasah, guru Al‐Qur’an Hadist dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, mengenai implementasi metode ceramah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan menunjukkan bahwa, guru Al-Qur’an Hadist menggunakan metode ceramah sebagai metode pembelajaran untuk menjelaskan materi ayatayat Al-Qur’an dan Hadsit Nabi terhadap peserta didik di dalam kelas; kedua, mengenai efektivitas implementasi metode ceramah dalam pembelajaran AlQur’an Hadist di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan menunjukkan bahwa, guru telah memberikan dan menguasai materi untuk diajarkan kepada peserta didik sehingga mudah untuk memahami materi; ketiga, mengenai faktor apa saja yang menghambat implementasi metode ceramah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MA Miftahul Qulub Polagan Pamekasan menunjukkan bahwa, kondisi kelas yang cenderung ramai dan tidak terkontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 19 May 2022 03:24
Last Modified: 30 Jan 2023 07:26
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2902

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item