Implementasi Video Animasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Mambaul Ulum Bandaran Tlanakan Pamekasan

Noer, Nadiyatul Imami (2022) Implementasi Video Animasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Mambaul Ulum Bandaran Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Nadiyatul Imami Noer_ 18381012131_Cover_PAI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Nadiyatul imami Noer_ 18381012131_Lembar Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Nadiyatul Imami Noer_ 18381012131_Lembar Pengesahan_PAI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Nadiyatul Imami Noer_ 18381012131_Abstrak_PAI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Nadiyatul Imami Noer_ 183810012131_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Nadiyatul Imami Noer_ 18381012131_BAB I_PAI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Nadiyatul Imami Noer_ 18381012131_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
Nadiyatul Imami Noer_ 18381012131_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
Nadiyatul Imami Noer_ 18381012131_BAB IV_PAI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
Nadiyatul Imami Noer_ 18381012131_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
Nadiyatul Imami Noer_ 18381012131_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Nadiyatul Imami Noer_ 18381012131_Surat_Pernyataan_Keaslian_dan_Persetujuan Publikasi_PAI.pdf

Download (139kB)

Abstract

Kata Kunci :Implementasi, Video Animasi, Motivasi Belajar. Video animasi merupakan media pembelajaran atau alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar dengan menampilkan gambar hidup, yang mana apabila suatu materi pembelajaran dituangkan dalam bentuk audio visual (bergerak, berwarna dan bersuara) kemungkinan akan manarik minat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran sehingga siswa akan termotivasi juga dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah pertama bagaimana implementasi video animasi?kedua apakah video animasi bisa memotivasi siswa?ketiga apa faktor pendukung dan faktor penghambatvideo animasi? keempat apa solusi dari faktor penghambat video animasi?Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaanya, untuk mengetahui apakah implementasi video animasi bisa memotivasi siswa, untuk mengetahui apa faktor pendukung dan faktor penghambat serta solusinya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya adalah deskriptif.Yang mana hasil dari deskripsi pada skripsi ini diperoleh melalui data yang peneliti dapat dari hasil observasi dan terjun langsung kelapangan saat kegiatan belajar mengajar menggunakan media video animasi serta wawancara secara langsung kepada sumber data, selain itu ada beberapa dokumentasi sebagai pengumpulan data. Dari hasil penelitian yang peneliti dapat tentang implementasi video animasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islamkelas VII MTs Mambaul Ulum Bandaran Tlanakan yang pertama sebelum pemutaran video guru terlebih dahulu menjelaskan materi yang akan disampaikan dan di akhir pembelajaran guru akan membuat kesimpulan dan pertanyaan. Kedua dengan videoanimasi merupakan media yang sangat efektif di gunakan karena membuat siswa jadi lebih termotivasi dan membuat siswa jadi lebih bersemangat untuk mengikuti pembelajaran di kelas dikarenakan media ini sangat menyenangkan. Ketiga dalam implementasi video animasi terdapat faktor pendukung yang dapat menarik perhatian siswa, membuat siswa jadi termotivasi dan dapat menghemat waktu guru, adapun faktor penghambatnya adalah fasilitas yang kurang memadai sehingga gambar dan kualitas suara yang kurang membuat siswa yang duduk di belakang kurang jelas. Ke empat meskipun adanya penghambat dalam pengimplementasian video animasi pada mata pelajaran SKI ada solusi yang guru terapkan agar kegiatan pembelajaran berjalan lancar dengan cara guru tetap menciptkan suasana kelas yang kondusif, dan mempersilahkan siswa bagian belakang untuk bergabung kebangku depan agar lebih jelas untuk memperhatikan dan memahami materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 24 May 2022 02:06
Last Modified: 30 Jan 2023 08:06
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2921

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item