Metode Pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus di SDIT Al-Uswah Pamekasan

Nafilah, Khairun (2022) Metode Pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus di SDIT Al-Uswah Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Khairun Nafilah_18381012085_Cover_PAI.pdf.pdf

Download (34kB)
[img] Text
KHAIRUN NAFILAH-18381012085-HAL PERSETUJUAN-PAI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
KHAIRUN NAFILAH-18381012085-HAL PENGESAHAN-PAI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
khairun Nafilah_18381012085_Abstrak_PAI.pdf.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Khairun Nafilah_18381012085_Daftar_Isi_PAI.pdf.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Khairun Nafilah_18381012085_BAB I_PAI.pdf.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Khairun Nafilah_18381012085_BAB II_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
Khairun Nafilah_18381012085_BAB III_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
Khairun Nafilah_18381012085_BAB IV_PAI.pdf.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Khairun Nafilah_18381012085_BAB V_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
Khairun Nafilah_18381012085_Daftar_Pustaka_PAI.pdf.pdf

Download (130kB)
[img] Text
KHAIRUN NAFILAH-18381012085-KEASLIAN TULISAN-DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI-PAI.pdf

Download (390kB)

Abstract

Kata Kunci: metode guru PAI, anak berkebutuhan khusus Ada dua fokus penelitian dalam skripsi ini pertama, metode apa saja yang digunakandalam pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus di SDIT Al-Uswah Pamekasan?. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus di SDIT Al-Uswah Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Yang menjadi sumber data utama dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah dan guru PAI dan sebagian siswa yang ABK. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data memakan waktu lebih dari satu bulan. Teknik analisis data memakai teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Di SDIT Al-Uswah Pamekasan bahwa dalam penggunaan metode menggunakan metode kombinasi seperti dengan media gambar kemudian bentuk-bentuk soal dibacakan, kemudian diminta untuk diceritakan merangkai kata yang lebih banyak seperti sallim, kemudian ditanya sallim sama siapa dan seterusnya. memadukan konsep dari diknas dengan konsep Islam sehingga dikenal dengan kurikulum islam terpadu, seperti jadwal tentu beda dengan sekolah yang lain disini ada jadwal kelas bawa dan kelas atas artinya kelas 1-3 dan kelas 4-6. Ada kegiatan pagi mencakup sholat dhuha, fonik, jurnal dan ngaji baru masuk pelajaran. Faktor yang mempengaruhi minat anak sendiri untuk belajar. Faktor pendukungnya terkadang datang dari temannya sendiri dan juga fasilitas sekolah dan kekompakan guru. Cara khusus yang digunakan terkadang menggunakan media game, kertas lipat, dan stimulus. Adapun saran dalam skripsi ini yaitu, penelitian ini dapat menjadi inspirasi dikalangan praktisi pendidikan, khususnya mahasiswa, baik sebagai bahan perkuliahan, skripsi, pengayaan perpustakaan dan tentunya menambah wawasan yang berkaitan dengan metode pembelajaran guru PAI pada ABK. Dan akan menjadi salah satu bahan pertimbangan dan bahan referensi juga kajian yang berkaitan dengan metode pembelajaran guru PAI pada ABK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 24 May 2022 02:20
Last Modified: 30 Jan 2023 08:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2924

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item