Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Tebak Kata dalam Pelajaran Tematik pada Siswa Kelas II di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang Tahun Pelajaran 2021/2022

Nafisah, Wardatun (2022) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Tebak Kata dalam Pelajaran Tematik pada Siswa Kelas II di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang Tahun Pelajaran 2021/2022. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Wardatun Nafisah_18381052107_Cover_PGMI.df .pdf

Download (209kB)
[img] Text
Wardatun Nafisah _18381052107_Lembar Persetujuan _PGMI_(PDF).pdf

Download (61kB)
[img] Text
Wardatun Nafisah_18381052107_pengesahan skripsi_PGMI_(PDF).pdf

Download (188kB)
[img] Text
Wardatun Nafisah_18381052107_Abstrak_PGMI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Wardatun Nafisah_18381052107_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Wardatun Nafisah_18381052107_BAB I_PGMI.pdf

Download (476kB)
[img] Text
Wardatun Nafisah_18381052107_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
Wardatun Nafisah_18381052107_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
Wardatun Nafisah_18381052107_BAB IV_PGMI.pdf

Download (829kB)
[img] Text
Wardatun Nafisah_18381052107_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
Wardatun Nafisah_18381052107_Daftar Pustaka_PGMI.pdf

Download (191kB)

Abstract

Kata Kunci: peningkatan, keterampilan berbicara, metode tebak kata, dan pembelajaran tematik. Setiap manusia pada dasarnya diberikan keterampilan berbicara namun tidak semua orang mampu berbicara atau berkomunikasi secara lisan dengan baik dan benar. Oleh karena itu, pelajaran berbicara seharusnya mendapat perhatian dalam pengajaran keterampilan berbahasa di sekolah dasar. Berbicara menunjang keterampilan membaca dan menulis. Menulis dan berbicara mempunyai kesamaan yaitu sebagai kegiatan produksi bahasa dan bersifat menyampaikan informasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan guru dalam menyusun metode tebak kata untuk siswa kelas II dalam pembelajaran tematik di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang?, (2) Bagaimana guru dalam menerapkan pelaksanaan metode tebak kata untuk siswa kelas II dalam pembelajaran tematik di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang?, (3) bagaimana hasil dari penerapan metode tebak kata untuk kelas II dalam pembelajaran tematik di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasi yang perlu diperoleh ialah dengan melakukan wawancara terhadap guru wali kelas II yaitu ibu Mashuroh. Tehnik analisis data yang digunakan adalah menggunakan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi kata dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan perencanaan metode tebak kata, penerapan metode tebak kata dan hasil dari penerapan metode tebak kata. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, guru dalam melakukan perencanaan dalam menyusun metode tebak kata untuk siswa kelas II dalam pembelajaran tematik di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang perlu menyiapkan yaitu: (1) menyiapkan RPP dalam pembelajaran tematik, (2) merancang metode tebak kata, (3) membuat srategi pembelajaran sebelum dan sesudan dilaksanakan metode tebak kata, dan (4) melakukan evaluasi. Kedua, penerapan pelaksanaan metode tebak kata untuk siswa kelas II dalam pembelajaran tematik di SDN Labuhan 1 Sreseh Sampang yaitu (1) akan menyuruh siswa untuk megikuti apa yang dibacakan oleh peneliti yang sesuai dengan teks percakapan, (2) guru akan menerapkan metode tebak kata dan memberikan contoh sebuah kalimat sederhana, (3) kemudian, guru berdiri didepan kelas dan memperlihatkan sebuah gambar tentang alat kebersihan yang biasanya ada di rumah kepada siswa, (4) guru akan menunjuk salah satu siswa agar menebak kata dari gambar yang telah diperlihatkan, (5) Kemudian peneliti juga menyuruh siswa yang ditunjuk tadi untuk membuat kalimat sederhana sesuai dengan gambar alat kebersihan yang telah ditebaknya. (6) melakukan evaluasi. Ketiga, setelah melakukan pelaksanaan metode tebak kata pada siswa kelas II dalam pembelajaran tematik dengan materi yang diajarkan tema 4 sub tema 1 pembelajaran ke 5 tentang Hidup Bersih dan Sehat di Rumah. Telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berbicara siswa kelas II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 24 May 2022 03:13
Last Modified: 01 Feb 2023 07:04
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2934

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item