Implementasi Manajemen PAUD dalam Membentuk Karakter Religius Anak di TK Anuqayah Guluk-Guluk Sumenep

Sofiyah, Wildatus (2022) Implementasi Manajemen PAUD dalam Membentuk Karakter Religius Anak di TK Anuqayah Guluk-Guluk Sumenep. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
WILDATUS SOFIYAH_18381042162_COVER SAMPUL_MPI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
WILDATUS SOFIYAH_18381042162_LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING_MPI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
WILDATUS SOFIYAH_18381042162_LEMBAR PENGESAHAN_MPI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
WILDATUS SOFIYAH_18381042162_KATA PENGANTAR_MPI.pdf

Download (365kB)
[img] Text
WILDATUS SOFIYAH_18381042162_ABSTRAK_MPI.docx

Download (16kB)
[img] Text
WILDATUS SOFIYAH_18381042162_DAFTAR ISI_MPI.pdf

Download (448kB)
[img] Text
WILDATUS SOFIYAH_18381042162_BAB I_MPI.pdf

Download (416kB)
[img] Text
WILDATUS SOFIYAH_18381042162_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
WILDATUS SOFIYAH_18381042162_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
WILDATUS SOFIYAH_18381042162_BAB IV_MPI.pdf

Download (833kB)
[img] Text
WILDATUS SOFIYAH_18381042162_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
WILDATUS SOFIYAH_18381042162_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (406kB)
[img] Text
WILDATUS SOFIYAH_18381042162_SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN_TULISAN_KARYA_MPI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
WILDATUS SOFIYAH_18381042162_BEBAS PLAGIASI_MPI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
MPI_18381042162_WILDATUS SOFIYAH_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MPI_18381042162_WILDATUS SOFIYAH_RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (196kB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, Karakter Religius Pendidikan anak usia dini merupakan jenjang pendidikan yang dilaksanakan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukkan bagi anak sejak lahir hingga usia enam tahun yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak. Pendidikan anak usia dini juga menjadi tempat yang efektif dalam melaksanakan pendidikan karakter terutama dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius. Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukannya pengelolaan manajemen PAUD yang harus dilaksanakan sesuai dengan fungsinya mulai dari perencanaan pendidikan anak usia dini, pelaksanaan pendidikan anak usia dini, pengawasan pendidikan anak usia dini, dan juga evaluasi pendidikan anak usia dini. Dengan melalui keempat fungsi manajemen PAUD tersebut maka akan sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter religius anak. Berdasarkan hal tersebut peneliti memfokuskan pada empat masalah pertama, Bagaimana perencanaan PAUD dalam membentuk karakter religius anak di TK Annuqayah Guluk Guluk Sumenep? Kedua, bagaimana pengorganisasian PAUD dalam membentuk karakter religius anak di TK Annuqayah Guluk Guluk Sumenep? Ketiga, bagaimana pelaksanaan PAUD dalam membentuk karakter religius anak di TK Annuqayah Guluk Guluk Sumenep? Keempat bagaimana pengawasan PAUD dalam membentuk karakter religius anak di TK Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep? Kelima bagaimana evaluasi PAUD dalam membentuk karakter religius anak di TK Annuqayah Guluk Guluk Sumenep? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Informennya adalah kepala TK Annuqayah, Tenaga Kependidikan TK Annuqayah, dan salah satu guru kelas A dan B. Metode pengecekan keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Perencanaan PAUD dalam membentuk karakter religius anak di TK Annuqayah dilakukan rapat di awal tahun yang dihadiri oleh kepala TK, guru TK, tenaga kependidikan dan komite sekolah yang mana pada proses perencanaan dilakukan dengan membahas tentang penyusunan kegiatan-kegiatan yang nantinya akan dimasukkan dalam rencana kegiatan TK dan juga penyusunan RPPM dan RPPH. Kedua, pengeorganisasian PAUD dalam membentuk karakter religius anak di TK Annuqayah dilaksanakan dengan membuat pengelompokan tugas kerja kepada setiap guru yang dibentuk dengan adanya struktur pengurus PAUD Annuqayah yang mana terdiri dari kepela sekolah, tata usaha (TU/sekretaris), bendahara, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka humas dan waka sarana dan prasarana yang mana semua struktur pengurus tersebut terdiri dari semua guru TK Annuqayah yang terdiri dari 9 orang. Adapun 9 orang tersebut terdiri dari 2 tenaga kependidikan dan 7 tenaga pendidik. Untuk tenaga pendidik dibagi menjadi 2 kelas yaitu 3 guru kelas A dan 4 guru kelas B. hal tersebut dilakukan agar setiap guru mampu bertanggungjawab akan tugasnya masing-masing terutama dalam membentuk karakter religius anak di TK Annuqayah. Untuk waka kurikulum bertugas untuk mengembangkan kurikulum yang didalamnya juga terdapat proram pembelajaran perkembangan nilai agama dan moral bagi anak-anak di TK Annuqayah. Sedangkan untuk kegiatan-kegiatan umum yang ditujukan kepada siswa-siswi TK Annuqayah yang menunjang akan pembentukan karakter religius anak di TK Annuqayah menjadi anggung jawab waka kesiswaan. Ketiga, Pelaksanaan PAUD dalam membentuk karakter religius anak di TK Annuqayah dilaksanakan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter religius terhadap kegiatan sehari-hari. Kegiatan tersebut berupa kegiatan pembiasaan seperti bersalaman dan berdo’a, keteladanan dan juga kegiatan yang sudah terprogram seperti muatan lokal pemahaman keagamaan yang dilaksanakan pada hari rabu dan kamis. Selain itu, pengintegrasian nilai-nilai karakter religius terhadap pembelajaran yang dilakukan dengan berbagai metode seperti metode cerita, permainan, dan karyawisata. Keempat, pengawasan PAUD dalam membentuk karakter religius anak di TK Annuqayah dilakukan setiap hari dengan mengamati berbagai sikap anak di TK Annuqayah baik didalam kelas ataupun diluar kelas saat bermain. Sedangkan pengawasan yang dilakukan oleh kepala TK dilakukan dengan cara pengamatan internal yang mana setiap kegiatan diawasi langsung oleh kepala TK dan para guru. Kelima, evaluasi PAUD dalam membentuk karakter religius anak di TK Annuqayah juga merupakan kegiatan lanjutan dari pengawasan yang mana dalam menilai sikap atau karakter religius anak dinilai melalui tekhnik penilaian ceklis dan anekdot

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:08
Last Modified: 27 Jan 2023 06:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2970

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item