Ruhiyat, Nur Muhammad (2022) Optimalisasi Layanan Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Sumenep. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a) Nur Muhammad Ruhiyat_18381041125_Cover_MPI. pdf.pdf Download (374kB) |
|
Text
c) Nur Muhammad Ruhiyat_18381041125_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI. pdf.pdf Download (397kB) |
|
Text
d) Nur Muhammad Ruhiyat_18381041125_Lembar Pengesahan_MPI. pdf.pdf Download (122kB) |
|
Text
e) Nur Muhammad Ruhiyat_18381041125_Abstrak_MPI. pdf.pdf Download (417kB) |
|
Text
f) Nur Muhammad Ruhiyat_18381041125_Daftar Isi_MPI. pdf.pdf Download (510kB) |
|
Text
g) Nur Muhammad Ruhiyat_18381041125_BAB I_MPI. pdf.pdf Download (146kB) |
|
Text
h) Nur Muhammad Ruhiyat_18381041125_BAB II_MPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
i) Nur Muhammad Ruhiyat_18381041125_BAB III_MPI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
Text
j) Nur Muhammad Ruhiyat_18381041125_BAB IV_MPI.pdf.pdf Download (388kB) |
|
Text
k) Nur Muhammad Ruhiyat_18381041125_BAB V_MPI. pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
|
Text
l) Nur Muhammad Ruhiyat_18381041125_Daftar_Pustaka_MPI.pdf.pdf Download (469kB) |
|
Text
b) Nur Muhammad Ruhiyat_18381041125_Surat _Pernyataan Keaslian_Karya_MPI. pdf.pdf Download (213kB) |
|
Text
m) Nur Muhammad Ruhiyat_18381041125_Lampiran-Lampiran_MPI.pdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Optimalisasi, Layanan, Perpustakaan Madrasah Keberadaan perpustakaan madrasah kerap dianggap sebagai sarana pelengkap semata. Seyogianya keberadaan perpustakaan madrasah haruslah berperan secara optimal karena dapat melancarkan pencapaian tujuan proses KBM di madrasah. Untuk mencapai tujuan keoptimalan tersebut, ada berbagai macam usaha yang dapat dilakukan, salah satunya dengan mengusahakan keoptimalan layanan perpustakaan madrasahnya. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini: Pertama, Bagaimana optimalisasi layanan perpustakan Madrasah Aliyah Negeri Sumenep?, Kedua, Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat optimalisasi layanan perpustakan Madrasah Aliyah Negeri Sumenep? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari wawancara, pengamatan, serta dokumentasi. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala perpustakaan, waka sarana dan prasarana, tenaga perpustakaan, guru serta siswa. Untuk pengecekan keabsahan datanya dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, serta trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Optimalisasi layanan perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Sumenep yaitu terbagi menjadi dua, yakni optimalisasi yang berkaitan dengan penambahan dan optimalisasi yang berkaitan dengan pengurangan. Adapun optimalisasi yang berkaitan dengan penambahan yaitu dengan menambah jumlah buku koleksi teks wajib, mengikutsertakan Tenaga Perpustakaan madrasah dalam diklat, memindahkan gedung perpustakaan madrasah, bekerja sama dengan guru mapel, mengadakan fasilitas pendingin ruangan berupa AC, memberi warna hijau pada ruangan perpustakaan, senantiasa menjaga kebersihan ruangan perpustakaan madrasah, serta mengupayakan konsep Outdoor Library pada perpustakaan madrasah. Sedangkan optimalisasi yang berkaitan dengan pengurangan yaitu dengan melakukan penyiangan bahan koleksi. Kedua, faktor pendukung optimalisasi layanan perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Sumenep yaitu: faktor yang berasal dari penyedia layanan (berupa adanya kemitraan dengan perpustakaan daerah, dan adanya anggaran yang diatur undang-undang), penerima layanan (berupa adanya atensi dari guru untuk membantu tenaga perpustakaan), dan faktor pendukung yang berasal dari jenis bentuk layanan (berupa adanya lokasi yang mudah dijangkau). Adapun faktor penghambat optimalisasi layanan perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Sumenep yaitu: faktor yang berasal dari penyedia layanan (berupa tenaga perpustakaan yang kurang menguasai otomasi perpustakaan), penerima layanan (berupa adanya koleksi buku yang cenderung tidak rapi), dan faktor yang berasal dari jenis bentuk layanan (berupa akses perpustakaan yang rawan tergenang air saat hujan).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 02:19 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 07:06 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2982 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |