Penggunaan Bahasa Komunikatif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan

Maulina, Nur Afni (2022) Penggunaan Bahasa Komunikatif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a) Nur Afni Maulina_18381012133_Cover_PAI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
c) Nur Afni Maulina_18381012133_Lembar Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
d) Nur Afni Maulina_18381012133_Lembar Pengesahan_PAI.pdf

Download (429kB)
[img] Text
e) Nur Afni Maulina_18381012133_Abstrak_PAI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
f) Nur Afni Maulina_18381012133_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
g) Nur Afni Maulina_18381012133_BAB I_PAI.pdf

Download (460kB)
[img] Text
h) Nur Afni Maulina_18381012133_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
i) Nur Afni Maulina_18381012133_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
j) Nur Afni Maulina_18381012133_BAB IV_PAI.pdf

Download (417kB)
[img] Text
k) Nur Afni Maulina_18381012133_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
l) Nur Afni Maulina_18381012133_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (353kB)
[img] Text
b) Nur Afni Maulina_18381012133_Surat Pernyataan Keaslian Karya dan Persetujuan Publikasi_PAI.pdf

Download (426kB)

Abstract

Kata Kunci: Penggunaan Bahasa Komunikatif, Pendidikan Agama Islam Dibutuhkan kajian lebih lanjut mengenai penggunaan bahasa komunikatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam supaya kegiatan pembelajaran PAI menjadi lebih baik dan maksimal. Terdapat beberapa fenomena yang terjadi pada kegiatan pembelajaran PAI di MAN 1 Pamekasan khususnya yaitu masalah tentang penggunaan bahasa komunikatif selama kegiatan pembelajaran. Dimana memang terkadang ada guru PAI yang kurang memperhatikan penggunaan bahasanya, sehingga membuat siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Maka dari itu guru PAI harus lebih memperbaiki dan mengembangkan variasi penggunaan bahasa selama kegiatan pembelajaran PAI. Sehingga dengan penelitian ini, sangat diharapkan agar guru dapat lebih maksimal lagi dalam penggunaan bahasa komunikatif pada mata pelajaran PAI, dalam artian bahasa yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran harus tepat, jelas, menarik dan sesuai dengan materi pembelajaran. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif yakni memaparkan data secara deskriptif yang dimaksudkan agar dapat menggambarkan suatu kejadian atau peristiwa dengan saksama, tersruktur, dan tanpa adanya manipulasi didalamnya. Sedangkan sumber data pada penelitian ini antara lain yaitu person, place, dan paper. Sumber data person yaitu dengan cara melakukan wawancara kepada Kepala MAN 1 Pamekasan, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru Mata Pelajaran PAI, dan juga siswa MAN 1 Pamekasan. Sumber data place yaitu dengan cara melakukan observasi di MAN 1 Pamekasan, sedangkan sumber data paper yaitu dengan cara melakukan analisis hasil dokumentasi dengan data yang telah diperoleh selama kegiatan wawancara dan kegiatan observasi. Berikut ini hasil analisis terkait fenomena dan hasil temuan penelitian yang telah didapatkan selama kegiatan penelitian di MAN 1 Pamekasan. Pertama, penggunaan bahasa komunikatif dapat mempermudah interaksi dan kolaborasi antara guru dan siswa, serta dapat membuat kegiatan pembelajaran PAI menjadi lebih aktif, efektif, dan menyenangkan. Kedua, untuk menciptakan kelas yang komunikatif maka dapat dilakukan dengan cara mengkombinasikan beberapa bahasa misal: mengkombinasikan bahasa Indonesia, bahasa Madura, bahasa inggris, dan bahasa Arab pada kegiatan pembelajaran PAI. Ketiga, Materi pelajaran PAI akan lebih jelas dan mudah dipahami jika pemilihan kata, kalimat, intonasi, dan suara yang tepat jelas dan lantang. Keempat, Menciptakan pembelajaran yang aktif dan komunikatif dapat dilakukan dengan menerapkan kombinasi bahasa dalam kegiatan pembelajaran PAI. Kelima, Performa guru sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Keenam, untuk menciptakan kelas yang komunikatif pada mata pelajaran PAI maka harus berpedoman pada strategi PAIKEM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:58
Last Modified: 27 Jan 2023 07:43
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3019

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item