Implementasi Nilai-Nilai KeIslaman Dalam Komunikasi Sirkuler Pada Peningkatan Layanan Pendidikan

Imron, Rendy Maulana (2020) Implementasi Nilai-Nilai KeIslaman Dalam Komunikasi Sirkuler Pada Peningkatan Layanan Pendidikan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a) Rendy Maulana Imron_18201501040151_Cover_MPI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
c) Rendy Maulana Imron_18201501040151_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
d) Rendy Maulana Imron_18201501040151_Lembar_Pengasahan_MPI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
e) Rendy Maulana Imron_18201501040151_Abstrak_MPI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
f) Rendy Maulana Imron_18201501040151_Daftar_Isi_MPI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
g) Rendy Maulana Imron_18201501040151_BAB I_MPI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
h) Rendy Maulana Imron_18201501040151_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
i) Rendy Maulana Imron_18201501040151_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
j) Rendy Maulana Imron_18201501040151_BAB IV_MPI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
k) Rendy Maulana Imron_18201501040151_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
l) Rendy Maulana Imron_18201501040151_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (389kB)
[img] Text
b) Rendy Maulana Imron_18201501040151_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi _MPI.pdf

Download (229kB)

Abstract

Kata kunci: nilai-nilai keislaman, komunikasi sirkuer, layanan pendidikan SMA Negeri 5 Pamekasan sebagai salah sekolah menengah atas yang pada awalnya hadir dilatarbelakangi oleh kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang lebih tinggi untuk kemudian hasilnya akan dikembalikan kepada masyarakat. Sehingga untuk menjamin mutu lulusan perlunya untuk selalu ditingkatkan layanan pendidikannya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana perencanaan implementasi nilai-nilai keislaman dalam komunikasi sirkuler pada peningkatan layanan pendidikan; Kedua, proses implementasi nilai-nilai keislaman dalam komunikasi sirkuler pada peningkatan layanan pendidikan; Ketiga, evaluasi nilai-nilai keislaman dalam komunikasi sirkuler pada peningkatan layanan pendidikan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru PAI, guru BK, Waka Kurikulum, Mahasiswa, siswa dan sumber data sekunder yang terdiri dari foto-foto dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan nilai-nilai keislaman dalam komunikasi sirkuler pada peningkatan layanan pendidikan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: implementasi nilai-nilai keislaman dalam komunikasi sirkuler pada peningkatan layanan pendidikan sudah cukup baik. Meskipun ada beberapa hal yang perlu dilakukan perbaikan. Dalam perencanaan Kepala Sekolah untuk menghadapi tenaga pendidik adalah dengan beberapa cara, seperti melakukan pemaparan terlebih dahulu tentang system kontrak mengajar terhadap mahasiswa, bagaimana jatah waktu yang akan diberikan setiap kali mengajar. Dalam implementasi kepala sekolah juga menerapkan nilai keislamannya dalam setiap berkomunikasi, baik pada saat perencanaan maupun pada waktu pelaksanaan. Dalam perencanaannya kepala sekolah bagaimana setiap tenaga pendidik diminta untuk selalu jujur dan bertanggung bawab. Jujur disini maksudnya adalah memberitahukan kepada kepala sekolah tentang apa saja yang menjadi kendalanya, mulai dari perencanaannya hingga proses praktek dilapangan. Hal ini dilakukan agar semua masalah dapat cepat teratasi. Kemudian bertanggung jawab disini adalah bagaimana mahasiswa yang sedang praktek betul-betul melakukan semua kegiatan berdasarkan tanggung jawab dirinya terhadap kepala sekolah dan lembaga. Dalam proses evaluasi yang dilakukan setiap selesai mengajar atau evaluasi pada umumnya (missal, ulangan harian, ujian tengah semester dan ujian akhir semester). Proses evaluasi yang dilakukan setiap selesai pembelajaran biasanya dilakukan pada saat jam-jam istirahat. Seperti halnya proses pembelajaran pada PAI, nah disana akan dikoreksi bagaimana penggunaan metodenya, media pembelajarannya, ataupun terhadap waktu yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:12
Last Modified: 20 Jan 2023 02:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/302

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item