Pengaruh Pengetahuan Konsumen dan Word Of Mouth Terhadap Minat Masyarakat Camplong Untuk Menjadi Anggota KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Camplong Sampang

Putri, Zaira Saharani (2022) Pengaruh Pengetahuan Konsumen dan Word Of Mouth Terhadap Minat Masyarakat Camplong Untuk Menjadi Anggota KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Camplong Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Zaira Saharani Putri_18383022201_Cover_PBS.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Zaira Saharani Putri_18383022201_Halaman Persetujuan_PBS.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Zaira Saharani Putri_18383022201_Halaman_Pengesahan_PBS.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Zaira Saharani Putri_18383022201_Abstrak_PBS.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Zaira Saharani Putri_18383022201_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Zaira Saharani Putri_18383022201_BAB I_PBS.pdf

Download (555kB)
[img] Text
Zaira Saharani Putri_18383022201_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
Zaira Saharani Putri_18383022201_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
Zaira Saharani Putri_18383022201_BAB IV_PBS.pdf

Download (761kB)
[img] Text
Zaira Saharani Putri_18383022201_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
Zaira Saharani Putri_18383022201_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Zaira Saharani Putri_18383022201_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PBS.pdf

Download (142kB)

Abstract

Kata Kunci: Pengetahuan Konsumen, Word Of Mouth, Minat Menjadi Anggota. BMT (Baitul Maal wat Tamwil) merupakan salah satu sistem lembaga keuangan non bank yang berbasis syariah. Pada saat ini, perkembangan lembaga keuangan baik bank maupun non bank dapat dikatakan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri bagi BMT untuk tetap eksis dalam menghadapi persaingan. Dalam hal persaingan, pilihan atau minat masyarakat dalam menggunakan suatu jasa lembaga keuangan menjadi tolak ukur sukses atau tidaknya lembaga keuangan tersebut dalam mengatasi persaingan yang ada. Ada beberapa faktor yang diyakini mampu untuk mempengaruhi minat masyarakat untuk menjadi anggota BMT NU cabang Camplong diantaranya adalah pengetahuan konsumen dan word of mouth. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahun konsumen dan word of mouth baik secara parsial maupun simultan terhadap minat masyarakat Camplong untuk menjadi anggota BMT NU cabang Camplong. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Camplong yang berjumlah 80.517 jiwa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian berdasarkan uji parsial diketahui bahwa variabel pengetahuan konsumen memperoleh hasil thitung > ttabel (4,327 > 1,984) dengan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti pengetahuan konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat Camplong untuk menjadi anggota BMT NU cabang Camplong. Variabel word of mouth memperoleh hasil > ttabel (4,148 > 1,984) dengan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti word of mouth berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat Camplong untuk menjadi anggota BMT NU cabang Camplong. Sedangkan uji simultan diperoleh hasil Fhitung > Ftabel (88,538 > 3,09) dengan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti pengetahuan konsumen dan word of mouth secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat Camplong untuk menjadi anggota BMT NU cabang Camplong. Meski tingkat pendidikan masyarakat dapat dikatakan rendah namun pengetahuan mereka mengenai BMT NU cabang Camplong baik pengetahuan mengenai produk, pembelian dan pemakaian dapat dikatakan cukup baik, hal tersebut tidak lepas dari peran masyarakat yang telah menjadi anggota yang melakukan word of mouth yaitu menceritakan pengelaman mereka dan pengetahuan mereka mengenai BMT NU cabang Camplong kepada masyarakat lainnya dengan tujuan memberikan penilaian, pengetahuan dan sekaligus untuk mempengaruhi minat masyarakat lain untuk menjadi anggota BMT NU cabang Camplong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_073 ??
?? m_212 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:23
Last Modified: 18 Jul 2023 02:23
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3026

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item