Implementasi Direct Marketing dalam Upaya Meningkatkan Pertumbuhan Dana Deposito Mudharabah di BPRS SPM Pamekasan

Hidajat, Cindy Melania (2022) Implementasi Direct Marketing dalam Upaya Meningkatkan Pertumbuhan Dana Deposito Mudharabah di BPRS SPM Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Cindy Melania H_18383022037_Cover_PBS.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Cindy Melania H_18383022037_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Cindy Melania H_18383022037_Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (862kB)
[img] Text
Cindy Melania H_18383022037_Abstrak_PBS.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Cindy Melania H_18383022037_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Cindy Melania H_18383022037_BAB I_PBS.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Cindy Melania H_18383022037_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
Cindy Melania H_18383022037_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
Cindy Melania H_18383022037_BAB IV_PBS.pdf

Download (647kB)
[img] Text
Cindy Melania H_18383022037_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
Cindy Melania H_18383022037_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Cindy Melania H_18383022037_Pernyataan Keaslian_PBS.pdf

Download (764kB)

Abstract

Kata Kunci : Implementasi Direct Marketing, Pertumbuhan Dana, Deposito Mudharabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) SPM Pamekasan merupakan suatu lembaga keuangan yang dalam kegiatannya berpedoman pada prinsip syariah, yang memiliki kegiatan berupa menghimpun dana dan menyalurkan dana kepada masyarakat. Disamping itu, menjalin silaturahmi dan menjaga komunikasi sangat penting untuk dilakukan agar tercipta suatu hubungan yang baik karena nasabah merupakan prioritas utama penunjang aset suatu lembaga keuangan. Oleh karenanya BPRS SPM Pamekasan memilih direct marketing sebagai salah satu strategi pemasaran yang dipilih untuk diterapkan agar hal tersebut dapat terlaksana. Berdasarkan beberapa hal tersebut, maka terdapat dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok yaitu : pertama bagaimana implementasi direct marketing di BPRS SPM Pamekasan, kedua bagaimana implementasi direct marketing dalam meningkatkan pertumbuhan produk deposito mudharabah di BPRS SPM Pamekasan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Bagian Marketing, Customer Service dan nasabah BPRS SPM Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dalam kegiatan pemasarannya, bentuk bentuk direct marketing yang digunakan adalah face to face selling, direct mail, telemarketing dan dari barbagai jenis tersebut, face to face selling merupakan bentuk direct marketing yang paling berpengaruh dan sering digunakan. Kedua, adanya pengaruh positif serta pendapat yang cukup baik dari nasabah yang disebabkan oleh penerapan direct marketing yang dilakukan BPRS SPM Pamekasan dalam mempromosikan dan memasarkan produk khususnya deposito mudharabah sehingga membuat jumlah pengguna deposito mudharabah ini mengalami peningkatan yang secara otomatis mempengaruhi peningkatan pertumbuhan dana deposito mudharabah. Maka dengan hal tersebut Implementasi direct marketing dalam upaya meningkatkan pertumbuhan dana deposito mudharabah di BPRS SPM Pamekasan dapat dikatakan berhasil serta memberikan pengaruh yang positif dan layak untuk tetap diterapkan sebagai strategi pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_073 ??
?? m_212 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:36
Last Modified: 17 Jul 2023 08:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3083

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item