Dampak Kecanduan Smartphone Pada Konsentrasi Belajar Siswa di SMPN 1 Larangan

Pratama, Feriawan Prayipto (2022) Dampak Kecanduan Smartphone Pada Konsentrasi Belajar Siswa di SMPN 1 Larangan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Feriawan Prayipto P_ 18381091040_Sampul_BKPI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Feriawan Prayipto P_ 18381091040_Halaman Persetujuan_BKPI (2).pdf

Download (109kB)
[img] Text
Feriawan Prayipto P_ 18381091040_Halaman Pengesahan_BKPI-converted (2).pdf

Download (139kB)
[img] Text
Feriawan Prayipto P_ 18381091040_Abstrak_BKPI-dikonversi.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Feriawan Prayipto P_ 18381091040_DAFTAR ISI_BKPI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Feriawan Prayipto P_ 18381091040_BAB I_BKPI.pdf

Download (474kB)
[img] Text
Feriawan Prayipto P_ 18381091040_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
Feriawan Prayipto P_ 18381091040_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
Feriawan Prayipto P_ 18381091040_BAB IV_BKPI.pdf

Download (466kB)
[img] Text
Feriawan Prayipto P_ 18381091040_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
Feriawan Prayipto P_ 18381091040_Daftar Pustaka_BKPI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Feriawan Prayipto P_18381091040_Pernyataan Keaslian Tulisan_BKPI (2).pdf

Download (151kB)

Abstract

Kata Kunci : Kecanduan smartphone, konsentrasi belajar Smartphone adalah alat komunikasi jarak dekat maupun jarak jauh yang menyerupai computer smartphone sangat digemari dan menjadi barang pokok yang wajib dimiliki setiap orang yang sudah menyatu dengan kehidupan sosial masyarakat. Hampir semua orang memiliki smartphone sebagai alat komunikasi, sarana komunikasi, dan sebagai hiburan.Oleh itu smartphone yang berlebihan dan tanpa batas juga menimbulkan dampak negative terutama pada perilaku anak. Konsentrasi merupakan pemusatan perhatian terdapat sesuatu sehingga seseorang tersebut tidak teringat lagi dengan hal-hal lain selain yang sedang dihadapinya. Oleh karena itu terdapat tiga fokus yang ingin peneliti kembangkan yakni: 1) bagaimana gambaran konsentrasi belajar siswa di smp 1 larangan? 2) apa saja faktor-faktor penyebab kecanduan smartphone pada konsentrasi belajar siswa di smpn 1 larangan? Dan 3) bagaimana dampak kecanduan smartphone pada konsentrasi belajar siswa di smpn 1 larangan?. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif. Dengan prosedur pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan dalam segi pengelolaan keabsaan data meneliti menggunakan perpanjang keikutsertaan, ketekunan dalam proses pengamatan, dan yang terakhir melalui trigulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, gambaran konsentrasi belajar siswa kelas IX-2 yaitu konsentrasi (a) banyak siswa kehilangan konsentrasi belajarnya di saat KBM berlangsung. (b) siswa seringkali termenung sendiri disaat guru menjelaskan materi pelajaran. (c) ada pula siswa yang mengantuk ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung sehingga siswa tersebut tidak fokus pada materi pelajaran yang guru ajarkan. Kedua, Faktor-faktor penyebab kecanduan smartphone pada konsentrasi belajar siswa yaitu ;(a) Faktor internal yang menjadi penyebab utama siswa kecanduan smartphone adalah faktor tingkat sensation seeking yang rendah dan kontrol diri yang rendah. (b) Faktor eksternal yang menjadi penyebab utama siswa kecanduan smartphone adalah faktor media. Faktor ini terkait dengan tingginya paparan media tentang smartphone dan berbagai fasilitasnya. (c) Faktor situsional yang mejadi penyebab utama siswa kecanduan smartphone adalah faktor kejenuhan belajar. (d) Faktor sosial yang menjadi penyebab utama siswa kecanduan smartphone adalah faktor connected presence. Connected presence sendiri diartikan sebagai keinginan untuk berinteraksi dengan soaial yang berasal dari dalam diri sendiri hasrat atau keinginan untuk menjalin interaksi sosial tanpa ada paksaan dan keharusan dari manapun. Ketiga dampak kecanduan smartphone pada konsentrasi belajar siswa di SMPN 1 Larangan yaitu (a) siswa lebih senang bermain smartphonenya dibandingkan dengan mendengarkan penjelasan guru sehingga siswa malas untuk belajar. (b) siswa merasa gelisahketika tidak memegang smartphone sehingga pikiran siswa terfokus pada smartphone saja dan membuat konsentrasi belajar mereka terganggu. (c) kualitas tidur siswa menjadi berkurang karena keseringan bermain smartphone sampai larut malam sehingga mengakibatkan siswa sering mengantuk di dalam kelas dan menyebabkan konsentrasi belajar siswa tidak terfokus pada pelajaran. (d) jika konsentrasi belajar siswa terganggu karena kecanduan smartphone, maka prestasi belajar siswapun akan menurun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_110 ??
?? m_133 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:46
Last Modified: 17 Jul 2023 04:46
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3107

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item