Irwanda, Moh. Ainur Rofick (2022) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Baca Silent Reading Di SMPN 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20160701040129_SAMPUL.pdf Download (58kB) |
|
Text
20160701040129_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (118kB) |
|
Text
20160701040129_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (283kB) |
|
Text
20160701040129_ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text
20160701040129_DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
|
Text
20160701040129_BAB I.pdf Download (256kB) |
|
Text
20160701040129_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
|
Text
20160701040129_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text
20160701040129_BAB IV.pdf Download (238kB) |
|
Text
20160701040129_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
Text
20160701040129_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (159kB) |
|
Text
20160701040129_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (431kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Baca, Silent Reading. Kepala sekolah adalah jabatan pemimpin yang tidak bisa diisi oleh orangorang tanpa didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan. Siapapun yang akan diangkat menjadi kepala sekolah harus ditentukan melalui prosedur serta persyaratan-persyaratan tertentu seperti: latar belakang pendidikan, pengalaman, usia, pangkat, dan integritas. Jadi yang dimaksud dengan kepemimpinan kepala sekolah yaitu proses mempengaruhi dan mendorong individu atau kelompok melalui kekuasaan untuk melaksanakan tugas-tugas yang sudah ditentukan, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai secara efektif dan efisien. Berdasarkan paparan tersebut ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Baca Silent Reading di SMPN 5 Pamekasan? Kedua, Apa kendala yang dihadapi Kepala Sekolah dalam mengembangkan Budaya Baca Silent Reading di SMPN 5 Pamekasan? Ketiga, Apa solusi Kepala Sekolah dalam menghadapi kendala Budaya Baca Silent Reading di SMPN 5 Pamekasan? Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif yang memaparkan data secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi non partisipan, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Sedangkan informasinya diperoleh dari Kepala Sekolah SMPN 5 Pamekasan, wakil kepala sekolah, 3 guru dari 51 guru dan 10 siswa yang pernah terpilih menjadi duta baca SMPN 5 Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama, Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Baca Silent Reading di SMP Negeri 5 Pamekasan ini cukup terlaksana dengan lancar yaitu Kepala Sekolah menjalankan perannya sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator, dengan sangat baik. Kedua, Kendala yang hadapi oleh Kepala Sekolah, Guru dan Siswa dalam mengembangkan dan menjalankan program budaya baca Silent Reading di SMP Negeri 5 Pamekasan yaitu minat baca siswa yang kembali menurun karena kasus pandemi covid-19 sehingga proses belajar mengajar dilaksanakan secara online. Ketiga, Solusi dari kendala yang dihadapi oleh Kepala Sekolah, Guru dan Siswa dalam mengembangkan dan menjalankan budaya baca Silent Reading di SMP Negeri 5 Pamekasan adalah minat baca siswa yang rendah, maka dari itu pihak sekolah memberikan bantuan berupa tambahan buka cerita, majalah dan novel kepada setiap kelas agar bisa menambah semangat para siswa untuk rajin membaca dan bisa meningkatkan minat baca siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71H ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:43 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:43 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3113 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |