Efektivitas Layanan Bimbimbingan Klasikal dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa di MA Syekh Abdurrahman Rabah

Nurhidayati, Rika Sofia (2022) Efektivitas Layanan Bimbimbingan Klasikal dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa di MA Syekh Abdurrahman Rabah. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Rika Sofia Nurhidayati_18381092097_Cover_BKPI.pdf.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Rika Sofia Nurhidayati_18381092097_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Rika Sofia Nurhidayati_18381092097_Lembar Pengesahan_BKPI.pdf.pdf

Download (435kB)
[img] Text
Rika Sofia Nurhidayati_18381092097_Abstrak_BKPI.pdf.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Rika Sofia Nurhidayati_18381092097_Daftar_Isi_BKPI.pdf.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Rika Sofia Nurhidayati_18381092097_BAB I_BKPI.pdf.pdf

Download (501kB)
[img] Text
Rika Sofia Nurhidayati_18381092097_BAB II_BKPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
Rika Sofia Nurhidayati_18381092097_BAB III_BKPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
Rika Sofia Nurhidayati_18381092097_BAB VI_BKPI.pdf.pdf

Download (921kB)
[img] Text
Rika Sofia Nurhidayati_18381092097_BAB V_BKPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
Rika Sofia Nurhidayati_18381092097_Daftar_Pustaka_BKPI.pdf.pdf

Download (320kB)
[img] Text
Rika Sofia Nurhidayati_18381092097_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Peretujuan Publikasi_BKPI_pdf.pdf

Download (404kB)

Abstract

Kata Kunci: Layanan Bimbingan Klasikal, Teknik Diskusi Kelompok, Konsentrasi Belajar Siswa. Konsentrasi belajar merupakan kemampuan memusatkan perhatian pada saat belajar. Pemusatan perhatian tersebut tertuju pada bahan belajar maupun proses memperolehnya. Akan tetapi pada kenyataanya, tidak semua siswa memiliki dan mapu mempertahankan konsentrasi pada saat belajar. Setiap siswa memiliki tingkat konsentrasi belajar yang berbeda-beda, dimana beberapa diantara mereka memiliki tingkat konsentrasi belajar yang cukup rendah. Dalam penelitian ini peneliti merumuskan dua masalah yaitu peneliti ingin mengetahui apakah layanan bimbingan klasikal efektif untuk meningkatkan konsentrasi belajar dan apakah ada peningkatan konsentrasi belajar sebelum dan sesudah dilaksanakannya treatment berupa layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi kelmpok. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan menggunakan analisis data uji paired t-test melalui beberapa metode yaitu memberikan skala kemampuan konsentrasi belajar, wawancara, dan dokumentasi. Metode skala digunakan peneliti untuk mengetahui tingkat konsentrasi belajar siswa. Metode wawancara yang digunakan adalah jenis wawancara semiterstruktur bersama guru BK. Sedangkan dokumentasi digunakan peneliti sebagai data pendukung, seperti gambar dan lain sebagainya. Dalam hal ini telah diuji dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji paired t-test. Hasil analisis data yang diperoleh dari lapangan dapat diketahui perbedaan hasil skor siswa yang signifikan antara sebelum diberinan treatment (pre-test) dengan setelah diberikan treatment (post-test). Rata-rata nilai hasil pretest skala konsentrasi belajar adalah 83,00. Sedangkan rata-rata hasil post-test setelah diberikan treatment berupa layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa adalah 96,82. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai rata-rata siswa setelah diberikan treatment lebih tingi dibandingkan dengan rata-rata nilai siswa sebelum diberikan treatment berupa layanan bimbingan klasikl dengan teknik diskusi kelompok. Hasil uji paired t-test menunjukkan bahwa nilai sig. 0,000<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan hasil skor siswa yang signifikan antara sebelum diberikan treatment (pre-test) dengan setelah diberikan treatment (post-test). Dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal dengan teknik diskusi kelompok dinilai efektif untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa di MA Syekh Abdurrahman Rabah dan terdapat peningkatan konsentrasi belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_133 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:36
Last Modified: 17 Jul 2023 04:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3121

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item