Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Media Belajar dan Metode Belajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 1 Pademawu

Fajarini, Auli (2022) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Media Belajar dan Metode Belajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 1 Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Auli Fajarini_18381082013_ Cover_TIPS.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Auli Fajarini_18381082013_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Auli Fajarini_18381082013_Lembar_Pengesahan_TIPS.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Auli Fajarini_ 18381082013_Abstrak_TIPS.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Auli Fajarini_ 18381082013_ Daftar Isi_TIPS.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Auli Fajarini_18381082013_ BAB I_TIPS.pdf

Download (435kB)
[img] Text
Auli Fajarini_ 18381082013_ BAB II_ TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
Auli Fajarini_19381082013_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
Auli Fajarini_ 18381082013_ BAB IV_ TIPS.pdf

Download (855kB)
[img] Text
Auli Fajarini_18381082013_ BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
Auli Fajarini_ 18381082013_ Daftar Pustaka_TIPS.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Auli Fajarini_18381082013_ Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_TIPS.pdf

Download (91kB)

Abstract

KataKunci : Media Belajar, Metode Belajar, Hasil Belajar Dalam kegiatan belajar mengajar ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pembelajaran tersebut efektif dan efisien. Hal yang harus diperhatikan seperti media belajar dan metode belajar. Media belajar adalah alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan/informasi dari sumber kepeserta didik. Metode pembelajaran adalah segala cara yang digunakan guru untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun guna mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran erat kaitannya dengan hasil belajar. Jadi dengan tersedianya media pembelajaran yang baik dan pemilihan metode pembelajaran guru yang tepat, maka akan semakin meningkat pula hasil belajar yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara media belajar dan metode belajar guru terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI di SMAN 1 Pademawu. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Pademawu pada bulan agustus – Desember 2021. Objek penelitian adalah siswa kelas XI jurusan IPS yang berjumlah 72 orang. Dalam penentuan jumlah sampel peneliti menggunakan rumus slovin dimana jumlah sampel berjumlah 66 orang. Data tentang persepsi siswa tentang media belajar dan metode belajar guru diperoleh berdasarkan angket. Sedangkan untuk hasil belajar diperoleh melalui nilai ujian tengah semester. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa :. (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara media belajar dan metode belajar terhadap hasil belajar siswa dengan perolehan hasil uji t yakni fhitung 26,367> ftabel 3,14, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara media belajar terhadap hasil belajar, dengan perolehan uji t yang mana thitung 3,794 >ttabel 1,998. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara metode belajar guru terhadap hasil belajar, dengan perolehan hasil uji t yakni t hitung 5,316> t tabel 1,998 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m71F ??
?? m71G ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:20
Last Modified: 17 Jul 2023 04:20
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3144

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item