Upaya Guru dalam Menangkal Paham Radikalisme Melalui Pendidikan IPS di SMPN 6 Pamekasan

Qomariyah, Lailatul (2021) Upaya Guru dalam Menangkal Paham Radikalisme Melalui Pendidikan IPS di SMPN 6 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Lailatul Qomariyah_20170701082040_Cover_TIPS.pdf - Copy.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Lailatul Qomariyah_20170701082040_Lembar_persetujuan_Pembimbing_TIPS.PDF - Copy.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Lailatul Qomariyah_20170701082040_Lembar_Pengesahan_TIPS.pdf - Copy.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Lailatul Qomariyah_20170701082040_Abstrak_TIPS.pdf - Copy.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Lailatul Qomariyah_20170701082040_Daftar_Isi_TIPS.pdf - Copy.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Lailatul Qomariyah_20170701082040_BAB I_TIPS.pdf - Copy.pdf

Download (416kB)
[img] Text
Lailatul Qomariyah_20170701082040_BAB II_TIPS.pdf - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
Lailatul Qomariyah_20170701082040_BAB III-TIPS.pdf - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
Lailatul Qomariyah_20170701082040_BAB IV_TIPS.pdf - Copy.pdf

Download (352kB)
[img] Text
Lailatul Qomariyah_20170701082040_BAB V_TIPS.pdf - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
Lailatul Qomariyah_20170701082040_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf - Copy.pdf

Download (428kB)
[img] Text
Lailatul Qomariyah_20170701082040_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_TIPS.pdf.pdf

Download (131kB)

Abstract

Kata Kunci: Radikalisme, Pendidikan IPS Penelitian ini dilatarbelakangi dengan upaya seorang guru mata pelajaran IPS untuk meningkatkan wawasan kebangsaan anak-anak didik agar terhindar dari sifat yang mengarah ke radikalisme. Di antaranya yaitu toleransi, tidak menghargai tindakan kekerasan dan lain sebagainya. Makanya upaya guru IPS itu memberikan yayasan plural terhadap anak didik, baik itu wawasan kebangsaan, wawasan bagaimana cara untuk menumbuhkan sikap toleransi kita dengan adanya saling menghargai. Radikalisme adalah suatu paham yang menginginkan perubahan dan pembaharuan secara drastis hingga ke titik paling mendasar dari sebuah kerangka berpikir. Jadi, pendidikan IPS memiliki peranan penting untuk menanamkan nilainilai pluralisme sehingga nantinya peserta didik tidak memiliki paham radikalisme. Sikap pluralitas sangat penting dimiliki oleh peserta didik agar nantinya tidak memiliki paham radikalisme, menghormati adanya perbedaan dan menjunjung tinggi sikap toleransi Oleh karena itu, peneliti tertarik mengambil judul Upaya Guru dalam Menangkal Paham Radikalisme Melalui Pendidikan IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informasinya adalah guru Ilmu Pengetahuan Sosial dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat beberapa faktor adanya paham radikalisme yaitu faktor dalam diri sendiri yang mana karakter siswa yang sudah dimiliki sejak kecil bisa mempengaruhi terhadap adanya paham radikalisme, faktor dari lingkungan sekitar yang bisa mempengaruhi seperti pergaulan siswa dengan teman-temannya, teman yang baru bisa menjerumuskan siswa ke sifat yang buruk. Faktor keluarga Orang tua yang salah dalam mendidik anaknya juga bisa membentuk karakter anak yang salah, orang tua yang fanatik dan cenderung radikal akan mengajarkan anaknya untuk memiliki paham yang sama dalam segala hal. Kedua, upaya guru dalam menangkal paham radikalisme yaitu menumbuhkan sikap religius dalam diri siswa, memberikan pembinaan secara rutin, dan memasukkan pemahaman radikalisme melalui pembelajaran IPS. Ketiga, kesulitan yang dihadapi guru dalam menangkal paham radikalisem adalah siswa cenderung tidak mau mendengarkan nasehat guru dan juga faktor lingkungan yang tidak daspat dikontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_138 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:17
Last Modified: 17 Jul 2023 04:17
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3148

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item