Nurafiyah, Nurafiyah (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid- 19 di TK Muslimat 2 Khadijah Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Nurafiyah_18381062063_Cover_PIAUD.pdf Download (170kB) |
|
Text
c) Nurafiyah_18381062063_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf .pdf Download (167kB) |
|
Text
d) Nurafiyah_18381062063_Lembar Pengesahan_PIAUD.pdf Download (150kB) |
|
Text
e) Nurafiyah_18381062063_Abstrak_PIAUD.pdf Download (200kB) |
|
Text
f) Nurafiyah_18381062063_Daftar_Isi _PIAUD.pdf Download (96kB) |
|
Text
g) Nurafiyah_18381062063_BAB I_PIAUD.pdf Download (391kB) |
|
Text
h) Nurafiyah_18381062063_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
Text
i) Nurafiyah_18381062063_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
j) Nurafiyah_18381062063_BAB IV_PIAUD.pdf Download (413kB) |
|
Text
k) Nurafiyah_18381062063_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
l) Nurafiyah_18381062063_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf Download (150kB) |
|
Text
b) Nurafiyah_18381062063_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_PIAUD.pdf .pdf Download (219kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Tatap Muka, Masa Pandemi Covid’19 Semakin lama pembelajaran tatap muka tidak terjadi, semakin besar pula dampak negatif yang terjadi pada anak. Kekhawatiran tersebut didasarkan atas tiga resiko yang mungkin timbul dari hilangnya pembelajaran tatap muka. Resiko pertama adalah ancaman putus sekolah. Situasi ekonomi selama pandemi seringkali memaksa orang tua untuk melibatkan anak membantu keuangan keluarga. Lama- kelamaan, situasi tersebut dapat mendorong anak putus sekolah. Ditambah lagi, sebagian orang tua tidak bisa melihat peranan sekolah dalam proses belajar mengajar apabila proses pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid’19 di TK Muslimat 2 Khadijah, dan kedua Apakah faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid’19 di TK Muslimat 2 Khadijah. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi dan untuk mengetahui faktor penghambat pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid’ 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data penelitian meliputi sumber data manusia yaitu (Kepala sekolah, dan guru) dan sumber data yang diperoleh dari non manusia adalah dokumentasidokumentasi yang berhubungan dengan data yang diperoleh dari sumber sebelumnya. Prosedur pengumpulan data dengan observasi, wawancara,dan dokumentasi. Langkah menganalisis data dengan mereduksi, menyajikan, kemudian menyimpulkan data. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi covid 19. Konsep pembelajaran tatap muka PTM terbatas di masa pandemi covid 19 adalah mengatur PTM dengan mengendalikan jumlah peserta didik setiap rombongan belajar, tidak sesuai dengan jumlah normalnya, maksimal separuhnya. Jarak antara kursi dan meja juga diatur dan peserta didik tidak harus ikut pembelajaran secara penuh tetapi materi pembelajaran yang diberikan dipilih yang paling penting sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran di TK muslimat 2 Khodijah mengacu pada surat edaran dinas Pendidikan Kabupaten Sampang 420/1600/434.201/2001 tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka PTM terbatas tahun pelajaran 2021/2022. Pembelajaran tatap muka dilaksanakan dengan sepenuhnya menerapkan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran virus covid 19 di lingkungan sekolah. Pelaksanaan tatapvi muka dilaksanakan dengan jumlah maksimal peserta didik ruang kelas sebanyak 5 anak, serta memenuhi daftar periksa perlengkapan protokol kesehatan covid 19. Faktor- faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid- 19 yaitu adalah: Pembagian jadwal tatap muka terbatas tidak sesuai dengan jadwal di sekolah dan Penilaina perkembangan harian anak kurang maksimal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71K ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 08:33 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 08:33 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3168 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |