Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Busy Book di TK Pertiwi

Widuri, Anni Ayu (2021) Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Busy Book di TK Pertiwi. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (66kB)
[img] Text
3. halaman persetujuan.pdf

Download (64kB)
[img] Text
4. halaman pengesahan.pdf

Download (88kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf

Download (292kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
2. pernyataan keaslihan tulisan.pdf

Download (85kB)

Abstract

Kata Kunci: Anak Usia Dini, Berhitung, Media Busy Book Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat bagi kehidupan selanjutnya. Dan perkembangan menjadi jalan untuk memberikan stimulasi dan memberikan kegiatan-kegiatan atau aktivitas yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak agar anak tidak bosan dan tidak jenuh, untuk itu anak perlu di berikan suatu media yang menarik. Media yang bisa di berikan kepada anak yaitu media busy book. Media busy book merupakan suatu media pembelajaran yang interaktif. Media busy book ini terbuat dari kain flannel seperti berbentuk buku dengan berbagai warna warni dan berisikan aktivitas anak dan mampu merangsang kognitif anak seperti kegiatan berhitung anak. Kecerdasan logika matematika pada anak di harapkan terstimulasi dengan baik . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B melalui media Busy Book. Penelitian ini di lakukan karena kemampuan berhitung anak masih sangat rendah di sebabkan karena kurangnya media yang kurang menarik kepada anak-anak. Penelitian ini menggunakan peneltian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B yang berjumlah 13 anak. Sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan berhitung anakmelalui media Busy Book. Metode yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi anak. Teknik analis data penelitian menggunakan nilai persentaseyang di capai anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui media Busy Book dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Peningkatan ini dapat di lihat dari hasil observasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Hasil yang di peroleh sebelum di berikan tindakan yaitu mencapai 50% dan hasil yang di peroleh pada siklus 1 yaitumencapai 76% dan hasil yang di peroleh pada siklus II yaitu mencapai 88% sehingga hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan melalui media Busy Book dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71F ??
?? m71K ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:33
Last Modified: 14 Jul 2023 08:33
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3169

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item