Nordiana, Novi (2020) Strategi Peningkatan Kompetensi Pendidik MTs Negeri 3 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a) Novi Nordiana_20160701040164_Cover_MPI.pdf Download (231kB) |
|
Text
c) Novi Nordiana_20160701040164_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf Download (98kB) |
|
Text
d) Novi Nordiana_20160701040164_Lembar_Perngesahan_MPI.pdf Download (97kB) |
|
Text
e) Novi Nordiana_20160701040164_Abstrak_MPI.pdf Download (251kB) |
|
Text
f) Novi Nordiana_20160701040164_Daftar_Isi_MPI.pdf Download (155kB) |
|
Text
g) Novi Nordiana_20160701040164_BAB I_MPI.pdf Download (231kB) |
|
Text
h) Novi Nordiana_20160701040164_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
|
Text
i) Novi Nordiana_20160701040164_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
Text
j) Novi Nordiana_20160701040164_BAB IV_MPI.pdf Download (581kB) |
|
Text
k) Novi Nordiana_20160701040164_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
l) Novi Nordiana_20160701040164_Daftar_Pustaka_MPI.pdf Download (125kB) |
|
Text
b) Novi Nordiana_20160701040164_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_MPI.pdf Download (86kB) |
Abstract
Katakunci: strategi, peningkatan, kompetensi, pendidik Strategi peningkatan kompentensi pendidik adalah serangkaian cara atau strategi yang disusun secara terencana yang bertujuan untuk tercapainya keiginan dalam sebuah oganisasi yang mana kompetensi disini yaitu gabungan dari kemampuan, keterampilan, nilai, kecakapan dan sifat yang mendasari karakteristik pendidik yang professional di sekolah yang bertugas mendidik, mengajar, membimbimbing, mengarahkan, melatih dan mengevaluasi. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana kompetensi pendidikdi MTs Negeri 3 Pamekasan; kedua, bagaimana strategi peningkatan kompetensi pendidik di MTs Negeri 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara tak terstruktur, sedangkan jenis observasi yang digunakan adalah observasi partisipan. Informannya adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kompetensi pendidik di MTs Negeri 3 Pamekasan adalah kompetensi pedagogik, kompetensi sisosial, kompetensi professional dan kompetensi kepribadian. Kedua, strategi peningkatan kompetensi pendidikdi MTs Negeri 3 Pamekasan adalah supervisi langsung yang dilakukan oleh kepala madrasah yang bertujuan untuk mengontrol dan mengevaluasi sejauh mana ketercapaian guru dalam mengimplemetasikan pembelajaran mulai dari awal pembelajaran, perangkat pembelajarannya, proses pembelajarannya hingga akhir apakah sudah sesuai dengan RPP yang telah dibuat atau tidak. FGD (Forum Group Discussion) semacam rapat atau sharing yang bertujuan untuk membuat pendidik mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam mengajar sehingga jika ada masukan yang membangun di diskusikan bersama kelemahan yang dimiliki oleh pendidik disana. Workshop atau dengan kata lain pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada pendidik terkait bidang profesinya. Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang bertujuan untuk saling berkomunikasi, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kinerja pendidik sebagai instrument penting dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 10 Dec 2020 02:47 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 03:36 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/318 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |