Penerapan Storytelling dalam Mengingat Cerita Fiksi Tema 8 pada Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Cenlecen 1 Desa Cenlecen Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan

Addauri, Syafiqoh (2022) Penerapan Storytelling dalam Mengingat Cerita Fiksi Tema 8 pada Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Cenlecen 1 Desa Cenlecen Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Syafiqoh Addauri-18381052100-Cover-PGMI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Syafiqoh Addauri-18381052100-Halaman Persetujuan-PGMI.pdf.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Syafiqoh Addauri-18381052100-Halaman Pengesahan-PGMI.pdf.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Syafiqoh Addauri-18381052100-Kata Pengantar-PGMI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Syafiqoh Addauri-18381052100-Abstrak-PGMI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Syafiqoh Addauri-18381052100-Daftar Isi-PGMI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Syafiqoh Addauri-18381052100-BAB I-PGMI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Syafiqoh Addauri-18381052100-BAB II-PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
Syafiqoh Addauri-18381052100-BAB III-PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
Syafiqoh Addauri-18381052100-BAB IV-PGMI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Syafiqoh Addauri-18381052100-BAB V-PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
Syafiqoh Addauri-18381052100-Daftar Pustaka-PGMI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Syafiqoh Addauri-18381052100-Surat Pernyataan Keaslian Tulisan-PGMI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Syafiqoh Addauri-18381052100-Bebas Plagiasi-PGMI.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Syafiqoh Addauri-18381052100-Lampiran-PGMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Syafiqoh Addauri-18381052100-Riwayat Hidup-PGMI.pdf

Download (51kB)

Abstract

Kata Kunci: Storytelling, Cerita Fiksi Penelitian ini membahas tentang Penerapan Storytelling dalam Mengingat Cerita Fiksi Tema 8 pada Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Cenlecen 1 Desa Cenlecen Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan yang masih kurang dalam kemampuan mengingat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan belajar siswa kelas IV di SDN Cenlecen 1. Adapun penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok sebagai berikut: Pertama, bagaimana guru merencanakan penerapan storytelling dalam mengingat cerita fiksi tema 8 pada siswa kelas IV mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Cenlecen 1 desa Cenlecen Kecamatan Pakong kabupaten Pamekasan. Kedua, bagaimana guru menerapkan storytelling dalam mengingat cerita fiksi tema 8 pada siswa kelas IV mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Cenlecen 1 desa Cenlecen kecamatan Pakong kabupaten Pamekasan. Ketiga, bagaiamana hasil penerapan storytelling dalam mengingat cerita fiksi tema 8 pada siswa kelas IV mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Cenlecen 1 desa Cenlecen kecamatan Pakong kabuptaen Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi.Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, dalam perencanaan penerapan storytelling guru mempersiapkan hal yang dibutuhkan seperti menyusun RPP sesuai dengan silabus dan mempersiapkan buku-buku tentang cerita fiksi. Kedua, Penerapan storytelling sangat diperlukan untuk membuat siswa lebih semangat dalam proses pembelajaran. Karena siswa SD masih lebih cenderung suka mendengarkan cerita dan membaca cerita, sehingga dengan hal ini siswa dapat menceritakan kembali isi dari cerita fiksi, dan sangat berguna untuk membuat siswa lebih fokus dan antusias saat pembelajaran berlangsung. Ketiga, hasil penerapan storytelling membuat siswa mengalami perkembangan dalam kemampuan mengingat cerita fiksi dengan adanya bimbingan guru dan juga ketekunan siswa dalam belajar dan rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Dengan adanya penerapan storytelling ini terdapat peningkatan terhadap kemampuan mengingat pada siswa sehingga memenuhi kriteria ketuntasan minimum KKM yang ditentukan oleh sekolah, dan respon siswa terhadap penerapan storytelling dalam mengingat cerita fiksi jika dipersenkan dari 1-100 maka bisa mencapai 90 persen dengan hasil siswa mampu mengingat dan menceritakan kembali isi dari cerita fiksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:12
Last Modified: 27 Jan 2023 08:05
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3280

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item