Hasanah, Nurul (2022) Peningkatan Menghafal Al-qur'an juz 30 Menggunakan Metode Wahdah dan Metode Pembiasaan di SDI Mambaul Ulum Camplong Sampang. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Nurul Hasanah_18381052070_Cover_PGMI.pdf.pdf Download (194kB) |
|
Text
Nurul Hasanah_18381052070_Lembar-_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf.pdf Download (9kB) |
|
Text
Nurul Hasanah_18381052070_Lembar Pengesahan_PGMI_1.pdf Download (171kB) |
|
Text
Nurul Hasanah_ 18381052070_Abstrak_PGMI.pdf.pdf Download (8kB) |
|
Text
Nurul Hasanah_18381052070_Daftar_Isi_PGMI.pdf.pdf Download (312kB) |
|
Text
Nurul Hasanah_18381052070_BAB I_PGMI.pdf Download (591kB) |
|
Text
Nurul Hasanah_18381052070_BAB II_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
|
Text
Nurul Hasanah_18381052070_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
Text
Nurul Hasanah_18381052070_BAB IV_PGMI.pdf Download (918kB) |
|
Text
Nurul Hasanah_18381052070_BAB V_PGMI.pdf..pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
|
Text
Nurul Hasanah_ 18381052070_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (155kB) |
|
Text
Nurul Hasanah_18381052070_ Surat_ Pernyataan Keaslian_Tulisan _PGMI.pdf.pdf Download (172kB) |
Abstract
Kata kunci: peningkatan,menghafal, metode wahdah, metode pembiasaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rumusan masalah yang telah di tentukan yaitu pertama, apakah ada peningkatan menghafal al-qur'an juz 30 dengan menggunakan metode wahdah dan metode wahdah dan metode pembiasaan di SDI Mambau Ulum Camplong Sampang. Kedua bagaimana efektifitas penerapan menghafal al-Qur'an juz 30 menggunakan metode wahdah dan metode pembiasaan di SDI Mambaul Ulum Camplong Sampang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas atau biasa disebut dengan PTK . pada penelitian ini subjek yang di gunakan yaitu siswa kelas III SDI Mambau Ulum Camplong Sampang yang terdiri dari 3 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki, adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, dukomentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menggambarkan: pertama ada peningkatan kemampuan menghafalal-qur'an juz 30 menggunakan metode wahdah dan metode pembiasaan di SDI Mambaul Ulum Camplong Sampang. Hal ini di buktikan, sebelum diadakan penelitian tindaka, nilai rata-rata kelas, kemampuan siswa menghafal 38,46%, dan presentase kelulusan siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mencapai 15,38%. Selanjutnya pada siklus I, setelah diadakan tindakan menggunakan metode wahdah dan metode pembiasaan, nilai rata-rata kelas kemampuan menghafal siswa mencapai 63 dan presentase kelulusan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal ( KKM) mencapai 46,15%, dan pada siklus II, setelah di perbaiki permasalahan yang ada di siklus I, nilai rata-rata kelas kemampuan menghafal siswa meningkat mencapai 84, dan presentase kelulusan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 92,3%. Kedua penerapan metode wahdah dan metode pembiasaan di SDI Mambaul Ulum Camplong Sampang dikatakan efektif karena sebelum diadakan tindakan dengan menggunakan metode wahdah dan metode pembiasaan dalam menghafal al-qur'an juz 30, kemampuan menghafal siswa kelas III masih sangat rendah, dan setelah diterapkan metode wahdah dan metode pembiasaan, kemampuan menghafal siswa kelas III menjadi baik bahkan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Selain itu ada antusiasme siswa siswi kelas III yang sangat tinggi dalam mengikuti pelajaran ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 02:41 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:10 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3289 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |