Andiana, Andiana (2020) Analisis Kompetensi Tenaga Administrasi Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Administrasi Sekolah Di SMA Negeri 1 Torjun Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Andiana_20170701042021_Cover_MPI.pdf Download (12kB) |
|
Text
Andiana_20170701042021_Lembar Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf Download (16kB) |
|
Text
Andiana_20170701042021_Lembar Pengesahan_MPI.pdf Download (26kB) |
|
Text
Andiana_20170701042021_Abstrak_MPI.pdf Download (184kB) |
|
Text
Andiana_20170701042021_Daftar_Isi_MPI.pdf Download (185kB) |
|
Text
Andiana_20170701042021_BAB I_MPI.pdf Download (521kB) |
|
Text
Andiana_20170701042021_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
|
Text
Andiana_20170701042021_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
|
Text
Andiana_20170701042021_BAB IV_MPI.pdf Download (365kB) |
|
Text
Andiana_20170701042021_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
Andiana_20170701042021_Daftar_Pustaka_MPI.pdf Download (124kB) |
|
Text
Andiana_20170701042021_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_MPI.pdf Download (5kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kompetensi Tenaga Administrasi, Kualitas Layanan, Administrasi Sekolah. Tenaga administrasi sekolah merupakan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan dukungan serta layanan administrasi agar proses pendidikan terselenggara dengan baik. Tenaga administrasi sekolah biasa dikenal dengan sebutan staf tata usaha (TU). Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana kompetensi tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri 1 Torjun Sampang. Kedua, bagaimana upaya tenaga administrasi sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi sekolah di SMA Negeri 1 Torjun Sampang. Ketiga, apa saja kendala yang dihadapi tenaga administrasi sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi sekolah di SMA Negeri 1 Torjun Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memaparkan data secara deskriptif, pengumpulan data diperoleh dengan wawancara semi terstruktur, observasi non-participant dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari Kepala Sekolah, Tenaga Kependidikan dan Siswa. Teknik analisis data ialah reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi data. Sementara teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: Pertama, Kompetensi tenaga administrasi di SMA Negeri 1 Torjun sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 24 Tahun 2008 tentang standar tenaga administrasi sekolah meliputi: a) kompetensi kepribadian seperti: berpakaian rapi dan sopan, disiplin dengan tepat waktu datang ke sekolah, b) kompetensi sosial seperti: bersikap ramah, bekerja sama dengan tim dan memberikan pelayanan yang prima, c) kompetensi sosial seperti: melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan bidangnya, d) kompetensi manajerial seperti: membina staf, mampu menyelesaikan konflik dan menyusun laporan hasil kerja. Kedua, upaya tenaga administrasi dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi sekolah dapat ditempuh dengan beberapa hal diantaranya: pelatihan, diklat, workshop, bimtek (bimbingan teknis), seminar peningkatan mutu tenaga kependidikan dan pengawasan atau evaluasi hasil kerja oleh kepala tata usaha atau kepala sekolah. Ketiga, kendala yang dihadapi tenaga administrasi dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi sekolah diantaranya dari faktor individu dan faktor kepemimpinan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 04:33 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 08:05 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/330 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |