Tama, Nofanda Nur Firdaus (2022) Penerapan Media Diorama dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Pembelajaran PAI Materi Haji di SMKN 1 Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SAMPUL.pdf Download (33kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (111kB) |
|
Text
halam pengesahan nft.pdf Download (121kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
18381011001_DAFTAR ISI.pdf Download (59kB) |
|
Text
BAB I nft.pdf Download (248kB) |
|
Text
BAB II nft.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
|
Text
BAB III nft.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
|
Text
BAB IV nft.pdf Download (611kB) |
|
Text
BAB V nft.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (16kB) |
Abstract
Kata Kunci : Media Diorama, Hasil Belajar, Siswa Media diorama merupakan model tiga dimensi untuk menggambarkan pemandangan yang sebenarnya. Diorama sendiri merupakan tatanan dari beberapa objek yang dibelakangnya terdapat background untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Diorama ini mampu menjelaskan kepada para siswa detail dari sebuah objek yang menjadi topik pembahasan secara tiga dimensi, diorama merupakan media pembelajaran yang berbentuk tiga dimensi dan dapat dilihat disetiap sisinya secara nyata, dan diorama ini merupakan penyederhana dalam bentuk objek nyata yang menunjukan suatu aktivitas dan suata proses. Dengan penggunaan media diorama dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, dimana penggunaannya dapat menggantikan objek yang tidak memungkinkan untuk dibawa kedalam kelas. Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran adalah rendahnya hasil belajar siswa. Dengan permasalahan tersebut terdapat dua fokus kajian utama dalam penelitian ini, yaitu; pertama, Bagaimana penerapan media diorama dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi haji kelas X di SMKN 1 Proppo Pamekasan?, kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat media diorama dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada materi Haji di SMKN 1 Proppo Pamekasan? Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat unsur, yaitu; perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dua siklus, dan setiap siklusnya menerapkan keempat unsur dari model Kemmis dan Taggart tersebut. Data yang diperoleh peneliti yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi partisipan, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penerapan media diorama berjalan dengan sangat baik. Meskipun beberapa siswa masih kurang bersemangat mengikuti pembelajaran disiklus pertama, hal itu berbanding terbalik dengan siklus kedua dimana siswa mulai aktif dalam mengikuti pembelajaran serta tanya jawab dengan peneliti. Hasil dari penerapan media diorama pada siklus pertama cukup baik, dimana pada siklus pertama nilai persentase ketuntasan yang didapat yaitu 66, 66% dan dengan nilai rata-rata 74, 04. Dan mengalami peningkatan pada siklus kedua dengan memperoleh nilai persentase ketuntasan 95, 35% dan memperoleh nialai ratarata 85, 95. Kedua, pendukung pada penerapan media diorama dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada pembelajaran PAI materi haji di SMKN 1 Proppo yaitu adanya motivasi dalam belajar, minat belajar siswa, suasana kelas, sedangkan penghambatnya yaitu, perbedaan tingkat pemahaman siswa, sikap siswa, waktu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71F ?? ?? m_014 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 01:17 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 01:17 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3346 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |