Upaya Guru Dalam Mengatasi Disleksia Literasi Pemula pada Siswa Kelas I di SDN Somalang Pakong

Wulandari, Eka (2022) Upaya Guru Dalam Mengatasi Disleksia Literasi Pemula pada Siswa Kelas I di SDN Somalang Pakong. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Eka Wulandari_18381052018_Cover_PGMI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Eka Wulandari_18381052018_Lembar_Persetujuan_PGMI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
Eka Wulandari_18381052018_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Eka Wulandari_18381052018_Abstrak_PGMI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Eka Wulandari_18381052018_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Eka Wulandari_18381052018_BAB I_PGMI.pdf

Download (436kB)
[img] Text
Eka Wulandari_18381052018_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
Eka Wulandari_18381052018_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
Eka Wulandari_18381052018_BAB IV_PGMI.pdf

Download (641kB)
[img] Text
Eka Wulandari_18381052018_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
Eka Wulandari_18381052018_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Eka Wulandari_18381052018_Surat_Pernyataan Keaslian_ Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf

Download (309kB)

Abstract

Kata kunci: Disleksia, Literasi, Pemula. Pembelajaran di sekolah dasar utamanya adalah untuk menciptakan peserta didik mampu dalam lancar membaca sehingga membaca pemulaan merupakan sebuah hal yang sangat penting karena hal tersebut merupakan dasar dari pendidikan sehingga jika membaca permulaan tidak dikuasi maka akan menghambat siswa dalam proses belajar. Kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa perlu mendapat perhatian lebih dari guru supaya siswa tersebut dapat membaca dengan baik dan benar. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi disleksia literasi pemula pada siswa kelas I di SDN Somalang Pakong, kedua bagaimanakah upaya guru dalam mengatasi disleksia literasi pemula pada siswa kelas I di SDN Somalang Pakong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan veritifikasi. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, faktor yang paling berpengaruh dalam terjadinya kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa adalah intelegensi, psikologis, dan lingkungan keluarga. Kedua, upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan tersebut adalah memberi perhatian lebih kepada siswa dengan bentuk memberikan les tambahan materi membaca setelah jam pulang sekolah sehingga siswa dapat berkembang lebih jauh dari sebelumnya, selain itu guru melakukan kegiatan literasi setiap hari di awal KBM dengan menggunakan buku- buku bacaan yang bergambar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:20
Last Modified: 10 Jul 2023 02:20
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3355

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item