Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN Bugih 1 Pamekasan

Aulia, Kinanti (2022) Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN Bugih 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Kinanti Aulia_ 18381052044_ Cover_PGMI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
c) Kinanti Aulia_ 18381052044_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
d) Kinanti Aulia_ 18381052044_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
e) Kinanti Aulia_ 18381052044_Abstrak_PGMI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
f) Kinanti Aulia_ 18381052044_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
g) Kinanti Aulia_ 18381052044_BAB I_PGMI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
h) Kinanti Aulia_ 18381052044_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
i) Kinanti Aulia_ 18381052044_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
j) Kinanti Aulia_ 18381052044_BAB IV_PGMI.pdf

Download (483kB)
[img] Text
k) Kinanti Aulia_ 18381052044_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
l) Kinanti Aulia_ 18381052044_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (248kB)
[img] Text
b) Kinanti Aulia_ 18381052044_ Surat_Pernyataan_Keaslian_PGMI.pdf

Download (299kB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Proses kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPA tentunya harus menggunakan model pembelajaran yang baik dan efisien agar mampu memberikan pemahaman dan peningkatan aktivitas dan partisipasi siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Model pembelajaran direct instruction menjadi salah satu cara bagi guru untuk membantu proses belajar dan menguasai materi pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama bagaimana penerapan model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SDN Bugih 1 Pamekasan, kedua bagaimana hasil penerapan model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SDN Bugih 1 Pamekasan, ketiga bagaimana kelebihan dan kekurangan model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SDN Bugih 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah SDN Bugih 1 Pamekasan, wali kelas III SDN Bugih 1 Pamekasan, da siswa kelas III SDN Bugih 1 Pamekasan sebanyak 5 orang dari 26 siswa yang paling aktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama proses pembelajaran IPA di kelas III SDN Bugih 1 Pamekasan menggunakan penerapan model pembelajaran direct instruction yang mana dalam pelaksanaannya guru telah menyiapkan materi ajar, menyampaikan tujuan pembelajaran, mereview kembali, memberikan penjelasan sederhana dengan jelas, membimbing siswa dan mengecek pemahaman siswa agar dapat memahami materi yang sudah disampaikan, kedua hasil belajar yang didapatkan siswa baik setelah menerapkan model pembelajaran direct instruction dan siswa mampu memahami materi pembelajaran, ketiga penerapan model pembelajaran direct instruction memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihannya yaitu dapat membantu siswa memahami pembelajaran dengan baik, kegiatan belajar menjadi efektif dan cocok digunakan pada penjelasan materi yag ekplisit secara setahap demi setahap, artinya memerlukan pejelasan yang jelas kepada siswa. Kekurangan model pembelajaran direct instruction yaitu membutuhkan banyak siswa agar pusat perhatian siswa lebih lama, keberhasilan belajar siswa tergantung pada guru dan terkadang guru mengalami kesulitan dalam mengawasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:16
Last Modified: 10 Jul 2023 02:16
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3361

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item