Penanganan Anak Hiperaktif Dalam Pembelajaran di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan

Safitri, Mela Nur (2022) Penanganan Anak Hiperaktif Dalam Pembelajaran di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Mela Nur Safitri_18381052049_Cover_PGMI..pdf

Download (32kB)
[img] Text
Mela Nur Safitri_18381052049_Lembar-Persetujuan_Pembimbing_PGMI..pdf

Download (192kB)
[img] Text
Mela Nur Safitri_18381052049_Lembar Pengesahan_PGMI..pdf

Download (265kB)
[img] Text
Mela Nur Safitri_18381052049_Abstrak_PGMI..pdf

Download (87kB)
[img] Text
Mela Nur Safitri_18381052049_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Mela Nur Safitri_18381052049_BAB I_PGMI..pdf

Download (298kB)
[img] Text
Mela Nur Safitri_18381052049_BAB II_PGMI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
Mela Nur Safitri_18381052049_BAB III_PGMI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
Mela Nur Safitri_18381052049_BAB IV_PGMI..pdf

Download (524kB)
[img] Text
Mela Nur Safitri_18381052049_BAB V_PGMI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
Mela Nur Safitri_18381052049_Daftar Pustaka_PGMI..pdf

Download (217kB)
[img] Text
Mela Nur Safitri_18381052049_Surat Pernyataan Keaslian_PGMI..pdf

Download (290kB)

Abstract

Kata Kunci: Penanganan, Anak Hiperaktif, Pembelajaran Anak hiperaktif merupakan suatu pola perilaku pada seorang yang cenderung terlihat lebih aktif di dalam kelas jika dibandingkan dengan siswa yang lainnya. Yang menunjukkan sikap tidak mau diam, tidak terkendali, tidak menaruh perhatian dan impulsive (bertindak sekehendaknya hatinya). Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus pembahasan yang menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana perilaku anak hiperaktif dalam pembelajaran di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan ? kedua, hambatan apa saja yang dialami oleh guru dalam menangani siswa hiperaktif dalam pembelajaran di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan? ketiga, Bagaimana cara guru dalam menangani siswa hiperaktif dalam pembelajaran di SDI Matsaratul Huda Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Deskriptif adalah salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena, fakta maupun keadaan yang terjadi dilapangan selama penelitian berlangsung secara alamiah (apa adanya). Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah wali kelas III, wali kelas V, guru Matematika, guru Olahraga, siswa, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perilaku anak hiperaktif di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan yaitu, mengganggu teman yang lainnya maupun saat proses pembelajaran sedang berlangsung, sulit untuk duduk diam, mudah bosan, dan sulit berkonsentrasi, keluar masuk kelas tanpa alasan saat pembelajaran sedang berlangsung. Kedua hambatan guru dalam menangani siswa yang hiperaktif di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan yaitu, siswa hiperaktif sulit untuk duduk tenang, masih menganggu teman yang lain, sering tidak mengerjakan tugas, tidak berkonsentrasi, mudah bosan dalam pembelajaran. Ketiga, cara guru dalam menangani anak hiperaktif di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan yaitu diantaranya, menempatkan posisi duduk anak didepan dekat meja guru, menghindari penempatan duduk anak didekat jendela, tidak memberikan hukuman yang terlalu berat atau tidak berlebihan dirasa cukup efisien karena dengan begitu siswa hiperaktif akan merasa lebih bertanggung jawab apa yang ia lakukan, memberikan reward, dan menggunakan media gambar dan metode permainan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_071 ??
?? m_110 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:37
Last Modified: 10 Jul 2023 01:37
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3374

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item